Selasa, 28 Maret 2017 - Pukul 11:25

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

salam dari cianjur

Tak Cukup Cuma Koran, Kami pun Hadirkan Portal News

Oleh: Kang Anton - Sabtu 18 Juli 2015 | 11:50 WIB

Tak Cukup Cuma Koran, Kami pun Hadirkan Portal News

sumber.net

IDUL FITRI pun membawa barokah, setelah sebelumnya kami melakukan perubahan total perwajahan dan gaya penyajian berita "Harian Berita Cianjur”, kini kami hadirkan lagi portal berita online “beritacianjur.com”. Sejatinya ini adalah upaya pelayanan kami pada pembaca, agar mampu menyerap informasi sebanyak banyaknya, sekaligus berusaha memberi nilai lebih dari informasi yang diperoleh.

 

Mengapa perlu media online?

 

Pers online seperti berlari kesetanan, melaju kencang dan melangkahi percepatan informasi media cetak. Coba dibayangkan ketika media cetak hanya bisa mencari, mengolah, mengemas berita, dan dalam sekali terbitan hanya punya satu berita headline. Sementara media online, dalam sehari mampu memunculkan sekian banyak berita aktual latest headlines.

 

Back to basic! Akhirnya media cetak pun mesti kembali ke fungsi referensialnya, pesan sebagai bahan pustaka. Dengan begitu pemilihan konten tak lagi mesti berpayah-payah mengejar aktualitas berita semata, namun berusaha menyajikan pesan yang lebih lengkap dan menarik. Gejala perubahan pola penyajian pesan, kini telah dilakukan oleh sejumlah media cetak, yang ‘sadar’ tak mampu mengejar percepatan sajian berita media online.

 

Laju pertumbuhan media pers online tak bisa lagi dicegat, seiring dengan 'kegilaan' majunya teknologi informasi dan industri komunikasi. Persaingan produk industri komunikasi, terus memicu ‘adrenalin’ para pelakunya untuk melahirkan inovasi produk yang canggih, dan berusaha berempati dengan ketertarikan publik.

 

China misalnya, dengan pola kebijakan industri yang melibatkan warganya secara massal. Kini China seperti legenda ‘Naga’ yang meliuk-liuk, memilin dan mencengkram dunia dengan produk industrinya. Kekuatan industri negeri sebesar Amerika Serikat pun mampu diredamnya. Sampai-sampai Presiden Obama pun berteriak, "Hey China! Stop obral produk anda dengan harga murah!".

 

Produk industri China bak gelombang raksasa, yang terus menggulung sampai ke pelosok dunia mana pun. Dampaknya luar biasa, inovasi teknologi apa pun diserap dan diobral murah kemana-mana. Kini siapa lagi yang tak melenggang dengan telepon selular di tangan, yang mampu dimiliki cuma seharga ‘kacang goreng’? Hape apa lagi yang tak dilengkapi dengan fasilitas internet?

 

Siapa lagi yang tak akrab dengan handset berfasilitas android/Obral teknologi komunikasi membuat serapan informasi publik global seperti tak lagi bersekat. Publik pun makin gampang menyerap pesan global yang tercepat dan terkini. Semua fasilitas sudah tersedia, dengan cuma sekali sentuh.

 

Tak berlebih bila Negeri Tirai Bambu bisa dibilang lumayan ‘berjasa’ membuat semuanya jadi murah, gampang dan sejujurnya publik pun enjoy.Ini adalah era internet, booming produk industri pers kini telah berpindah ke ruang maya. Dampak dari fenomena itu pun begitu mudah teramati, dengan sekian banyaknya investasi yang melahirkan portal berita yang kian beragam. Salam dari Cianjur!

 

Komentar