Kamis, 30 Maret 2017 - Pukul 11:42

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

retro

Polres Cianjur Merilis "PAS" untuk Masyarakat

Oleh: Cr1 - Kamis 29 September 2016 | 13:00 WIB

Polres Cianjur Merilis

BC/CR-1

BERITACIANJUR.COM - Polres Cianjur meluncurkan Police Application System (PAS) layanan berbasis Informasi Teknologi (IT). Aplikasi yang dapat didownload menggunakan handphone berbasis android itu, memudahkan penggunanya untuk mengakses langsung sejumlah program polisi. 

 

Adapun layanan PAS seperti pengaduan, pemberitahuan, data lokasi, peta lokasi, info Polres Cianjur, Call Center, SIM Online, dan PAS Siaga. Aplikasi ini merupakan satu-satunya yang terdapat di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

 

Cara mengunduhnya cukup mudah, masyarakat yang menggunakan handphone android bisa  dengan mengetik PAS Polres Cianjur di Play Store. Setelah terbuka bisa langsung di download dan diinstall.

 

"Aplikasi PAS Polres Cianjur ini diluncurkan saat peringatan HUT Polantas ke 61 pada 25 September 2016 lalu," ujar Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cianjuur Ipda. Jaelani melalui Anggota Unit Dikyasa Aipda. Ijang Purnama Bhakti Sodikin kepada "BC", Rabu (28/9/2016).

 

Dijelaskannya, sebelum masyarakat melaporkan suatu peristiwa terlebih dahulu mengisi form isian berupa data pribadi dari mulai nama, alamat, nomor KTP/SIM dan Handphone serta alamat email.

 

Setelah itu, pengguna aplikasi bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti Data Lokasi, Peta Lokasi, Kirim Pengaduan dan Informasi, Status Pengaduan, Pemberitahuan, Info Polres Cianjur, Call Center, SIM Online serta PAS Siaga.

 

"Setelah informasi lengkap, pengguna aplikasi bisa langsung menekan tombol yang terkoneksi ke polsek terdekat. Setiap laporan yang masuk, akan ditangani oleh petugas kurang dari 10-15 menit," katanya.

 

Menurutnya, aplikasi ini disebut sebagai pengawal pribadi masyarakat yang bisa dengan langsung melaporkan peristiwa yang terjadi di wilayah hukum Polres Cianjur. Tidaknya hanya kemacetan masyarakat juga bisa melaporkan kejadian seperti tawuran pelajar, kecelakaan, perkosaan hingga bencana alam.

 

"Guna memastikan kebenaran laporan tersebut, nantinya operator segera menghubungi langsung nomor telepon sang pelapor," katanya.

 

Sejak aplikasi ini diluncurkan sudah 508 pengguna android yang mengunduhnya dari mulai petugas kepolisian sampai dengan masyarakat umum. Bahkan, jajaran Polres Cianjur wajib mengunduh aplikasi tersebut sesuai instruksi Kapolres AKPB. Asep Guntur Rahayu.

 

"Sampai dengan saat ini belum ada satupun laporan yang masuk ke operator, karena baru beberapa hari diluncurkan," tandasnya.

 

Diungkapkannya, layanan PAS Polres Cianjur ini online selama 24 jam yang dijalankan oleh operator khusus. Bahkan bagi warga yang ingin langsung melaporkan dengan cara menelpon, bisa menggunakan layanan call center dengan gratis.

 

"Sasaran utama kalangan pelajar, karena dianggap yang paling akrab dengan gadget dan akan dengan mudah menggunakan aplikasi ini," ungkapnya.

 

Pihaknya  berharap, seluruh masyarakat di Cianjur bisa menggunakan layanan aplikasi tersebut. Sehingga bisa melaporkan seluruh peristiwa yang bisa terjadi setiap saat dan dimanapun lokasinya.

 

"Kini layanan kepolisian ada digenggaman anda," harapnya. (ree)

Komentar