Senin, 27 Pebruari 2017 - Pukul 09:29

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

Tanamkan PHBS, Gelar Berbagai Lomba

Oleh: cr1 - Minggu 18 Desember 2016 | 14:00 WIB

Tanamkan PHBS, Gelar Berbagai Lomba

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Setelah sukses menggelar lomba cerdas cermat, puisi dan karya ilmiah tingkat pelajar SD/SMP dan SMA tahun lalu. Puskesmas Sukanagalih, Kecamatan Pacet menjelang akhir tahun ini, juga akan melaksanakan kegiatan serupa.

 

Sebanyak 16 SD/MI, 5 SMP dan 4 SMA/SMK yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sukanagalih, akan mengikuti kegiatan yang dimulai pada 22 Desember 2016 nanti yang bekerjasama dengan Pusbindik Kecamatan Pacet.

 

"Hasil kegiatan tahun lalu cukup antusias dan ini tahun kedua kami akan menggelar kegiatan yang diikuti para pelajar berbagai tingkatan sekolah," ujar Kepala Puskesmas Sukanagalih, Agus Suhendar di ruang kerjanya kepada "BC", Kamis (15/12/2016).

 

Tujuan lomba ini, jelas Agus, agar seluruh pelajar semakin paham dan bisa mengaplikasikan perilaku hidup bersih dan sehat. Sekaligus mampu menciptakan lingkungan sehat di sekolah dan rumah tinggalnya masing-masing.

 

"Kami ingin pelajar bisa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan PHBS, serta berperan aktif dilingkungan sekolah dan tempat tinggalnya," katanya.

 

Dirinya melihat, penerapan PHBS di lingkungan sekolah melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di wilayah kerjanya untuk tingkat SD, SMP dan SMA sudah dilaksanakan.

 

"Hanya saja untuk tingkat SMA, perlu lebih ditingkatkan frekuensi kunjungannya dari kita," katanya.

 

Terkait dengan berbagai lomba yang akan dilaksanakan, materinya lebih kepada seputar gerakan masyarakat hidup sehat. Khusus tingkat SD digelar  lomba senam cuci tangan dan menggambar bertema sekolah sehat.

 

Sedangkan pelajar di tingkat SMP akan mengikuti lomba puisi dan cerdas cermat yang membahas seputar  imunisasi, HIV AIDS, kesehatan reproduksi dan Napza.

 

Sementara untuk pelajar SMA lombanya berupa karya tulis ilmiah dan cerdas cermat serta puisi. Dimana tema karya tulisnya tentang peranku dalam mewujudkan masyarakat sehat serta lomba puisi temanya masyarakat hidup sehat Indonesia kuat.

 

"Lokasi lomba nantinya dipusatkan di Puskesmas Sukanagalih dan tidak menganggu pelayanan kepada masyarakat yang berobat," tandas Agus.

 

Diungkapkannya, merubah kebiasaan lama masyarakat untuk bisa menjalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tidak semudah yang dibayangkan, perlu waktu dan proses yang tidak sebentar.

 

"Pendidikan sejak dini menjadi salah satu solusi dan sasaran yang bisa dilakukan,” ungkapnya. (bis)

Komentar