Sabtu, 27 Mei 2017 - Pukul 18:43

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

traveling

Lokasi Wisata Empang Gunung Padang, Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

Oleh: Zenal Mustari - Senin 19 Desember 2016 | 15:00 WIB

Lokasi Wisata Empang Gunung Padang, Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

Menjadi satu diantara objek wisata yang ada di wilayah Kecamatan Campaka, Empang Gunung Padang mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah Cianjur. (Foto : BC/Dok)

BERITACIANJUR.COM - Sejak keberadaannya mulai diketahui oleh masyarakat, sebagai satu diantara tempat tujuan wisata di wilayah Cianjur bagian selatan. Empang Gunung Padang, di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka semakin ramai dan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah Cianjur.

 

Dadang (45), penjaga Empang Gunung Padang, meminta, Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk segera melakukan penataan dan pengelolaan di lokasi wisata Empang Gunung Padang, hal itu untuk memberikan keyamanan bagi wisatawan yang datang berkunjung.

 

“Untuk saat ini masih gratis dan rencananya setelah ada Peraturan Desa (Perdes), maka supaya dapat anggaran untuk perawatan. Mulai bulan depan bagi wistawan yang datang ke sini akan di berlakukan karcis, yang tentunya terjangkau atau murah," ujar Dadang, kepada "BC", Minggu (18/12/2016) kemarin.

 

Dadang mengatakan, jika melihat lokasi dan koleksi bebatuan yang ada di Empang Gunung Padang, Dadang berpendapat jika keberadaannya itu perlu benar-benar dijaga dan dilestarikan. 

 

Pasalnya,lokasi itu memang memiliki nilai sejarah yang berkaitan dengan Situs Megalitikum Gunung Padang. Sebab itu, untuk keberadaannya masyarakat sekitar lokasi terus berkoordinasi dengan dinas terkait. 

 

“Yang pasti jika kereradaannya ini terus dijaga dan terus dibenahi, tak menutup kemungkinan Empang Gunung Padang ini akan semakin menambah minat pengunjung untuk datang. Intinya, saya yakin kalau sudah dikunjungi oleh pihak pihak terkait. Maka, lokasi ini semakin dikunjungi banyak wisatawan baik lokal maupun nasional bahkan mancanegara," katanya.

 

Sementara itu, Kabid Kepariwisataan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Adang Sumaryadi, mengatakan, keberadaan lokasi wisata itu agar terus dijaga dan tidak merubah dari keberadaan sebelumnya agar menjadi magnet bagi wisatawan dan masyarakat Cianjur untuk berkunjung ke Empang Gunung Padang.

 

“Yang pasti jika keberadaannya terus dijaga hingga bentuk aslinya tetap ada. Maka, saya yakin para pengunjung akan berdatangan. Karena, saat ini masih banyak warga asli Cianjur pun belum tahu kalau di Situs Megalitikum Gunung Padang terdapat pula empang yang mempunyai keterkaitan dengan situs tersebut," kata Adang. (gap)

Komentar