Selasa, 28 Maret 2017 - Pukul 11:26

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

edukasi

Tanamkan PHBS, Puskesmas Sukanagalih Gelar Lomba Gebyar Anak Sehat

Oleh: cr1 - Jumat 23 Desember 2016 | 12:30 WIB

Tanamkan PHBS, Puskesmas Sukanagalih Gelar Lomba Gebyar Anak Sehat

BC/CR1

BERITACIANJUR.COM - Puluhan pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK di wilayah kerja Puskesmas Sukanagalih, Kecamatan Pacet, terlihat begitu antusias mengikuti lomba Gebyar Anak Sehat, Kamis (22/12/2016).

 

Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Sukanagalih itu, merupakan agenda rutin yang setiap tahun. Tujuannya tidak lain, agar seluruh pelajar semakin paham dan bisa mengaplikasikan perilaku hidup bersih dan sehat. Sekaligus mampu menciptakan lingkungan sehat di sekolah dan rumah tinggalnya masing-masing.

 

“Lomba ini diikuti pelajar dari 16 SD/MI, 5 SMP dan 4 SMA/SMK yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sukanagalih,” ujar Kepala Puskesmas Sukanagalih, Agus Suhendar.

 

Dijelaskannya, pelaksanaan lomba untuk setiap tingkatn sekolah berbeda, khusus bagi pelajar SD/MI seperti senam cuci tangan dan menggambar bertema sekolah sehat. Sedangkan pelajar di tingkat SMP akan mengikuti lomba puisi dan cerdas cermat yang membahas seputar  imunisasi, HIV AIDS, kesehatan reproduksi dan Napza.

 

Bagi pelajar SMA lombanya berupa karya tulis ilmiah dan cerdas cermat serta puisi. Dimana tema karya tulisnya tentang peranku dalam mewujudkan masyarakat sehat serta lomba puisi temanya masyarakat hidup sehat Indonesia kuat.

 

"Kami ingin pelajar bisa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan PHBS, serta berperan aktif dilingkungan sekolah dan tempat tinggalnya," katanya.

 

Dirinya melihat, penerapan PHBS di lingkungan sekolah melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di wilayah kerjanya untuk tingkat SD, SMP dan SMA sudah dilaksanakan.

 

"Hanya saja untuk tingkat SMA, perlu lebih ditingkatkan frekuensi kunjungannya dari kita," katanya.

 

Sementara itu Camat Pacet, Ade Suherman yang hadir membuka lomba mengatakan, kegiatan ini bisa meningkatkan kecerdasan dan pemahaman para pelajar tentang kesehatan. Sekaligus melihat sejauhmana pemahaman pelajar tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

 

“Program ini harus terus berjalan dan berkelanjutan, tidak berhenti sampai hari ini (kemarin-red) saja,” katanya.

 

Nantinya, para pelajar bisa menerapkan ilmu yang didapatkan di lingkungan sekolah dan tempat tinggalnya, sekaligus mensosialisasikannya ke masyarakat. Begitu juga dengan petugas yang ada di Puskesmas Sukanagalih, harus bisa membaur dan menyampaikannya ke masyarakat.

 

Ade juga mengingatkan, bahwa tugas pemerintah saat ini bagaimana caranya bisa menekan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi (AKI/AKB) yang masih tinggi di Kabupaten Cianjur.

 

“Jika ada saudara yang sedang hamil, harus di ajak untuk memeriksakannya ke Posyandu selama usia kehamilan. Sehingga, kondisi ibu dan bayi yang dikandungnya bisa terus terpantau dan lebih mudah untuk memperkirakan waktu persalinannya,” tandasnya.

 

Adapun yang keluar sebagai Juara 1 lomba menggambar diraih SDN Padarincang, Juara II SDN Sukanagalih dan Juara III MI Almanar. Sedangkan lomba senam cuci tangan Juara I MI Almanar, Juara II SD Muhara dan Juara III SD Cibodas.

 

Khusus lomba cerdas cermat tingkat SMP/MTs, Juara 1 diraih MTs Tauhidul Afkar, Juara II SMPN 1 Pacet dan Juara III SMP Yapip. Lalu lomba penulisan essay, Juara 1 SMA Tauhidul Afkar, Juara II SMA Tauhidul Afkar dan Juara III SMKN 1 Pacet.

 

Sementara itu lomba cerdas cermat tingkat SMA, Juara I SMA Negeri 1 Pacet, Juara II SMKN 1 Pacet dan Juara III SMA Tauhidul Afkar.  (bis)

Komentar