Minggu, 19 Pebruari 2017 - Pukul 23:34

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal
OLEH: Heri Febriyanto

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal

Mulai lunturnya kecintaan dan minat generasi muda terhadap budaya tradisional lokal, menjadi perhatian serius bagi Kepala Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Acep Haryadi. Sebagai…

>> more

healthy life

Mahalnya Biaya Pengobatan Kanker di Indonesia

Mahalnya Biaya Pengobatan Kanker di Indonesia

Kanker merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung dan stroke. Biaya pengobatan kanker yang dirasakan sangat mahal dituding sebagai salah satu faktor yang turut memperburuk…

>> more

traveling

Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Kunjungan Wisatawan ke Cibodas Ditaksir Naik 10 Persen

Oleh: cr1 - Minggu 25 Desember 2016 | 09:30 WIB

Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Kunjungan Wisatawan ke Cibodas Ditaksir Naik 10 Persen

Net/Ilustrasi

 

BERITACIANJUR.COM - Tingkat kunjungan wisatawan ke Kawasan Wisata Cibodas (KWC), pada liburan tahun baru diprediksi hanya mengalami kenaikan sebesar 10 persen jika dibandingkan hari-hari biasa.

 

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, menilai kenaikan tersebut sangat realistis melihat faktor cuaca yang ekstrem beberapa waktu terakhir ini di wilayah Cipanas.

 

“Dibandingkan hari biasa, kami memprediksi kenaikan kunjungan wisatawan hanya 10 persen seperti tahun baru lalu,” ujar Kabid Pariwisata, Adang Sumaryadi kepada “BC”, Jumat (23/12/2016).

 

Hanya saja menurutnya, ramai atau tidaknya jumlah pengunjung pada liburan tahun baru nanti tergantung faktor cuaca. Mengingat, beberapa waktu belakangan cuaca di wilayah Cipanas terbilang esktrem dengan curah hujan yang cukup tinggi.

 

“Mudah-mudahan wisatawan tahun baru ini meningkat, hanya kami meragukan kondisi cuaca yang sering hujan. Apalagi di Cibodas menawarkan wisata alam,” katanya.

 

Jika kondisi cuaca mendukung, sambung Adang, pihaknya optimis tingkat kunjungan wisatawan ke Cibodas akan naik karena bersamaan dengan waktu liburan anak-anak sekolah.


“Karena wisatawan yang berkunjung ke Cibodas bukan hanya wisatawan lokal saja, tapi juga banyak dari luar daerah Cianjur,” katanya.

 

Terkait dengan rencana Pemkab Cianjur menatan Kawasan Wisata Cibodas, jelas Adang, saat ini proses pembuatan masterplan sudah selesai dilakukan oleh Dinas Tata Ruang Permukiman (Distarkim). Tinggal nantinya, secara bertahap membuat Detail Enginerring Design (DED).

 

“Hasil komitmen Pemkab di dalam masterplan, nanti penataan Cibodas dari awalnya 4 zona dibagi menjadi 7 zona. Diantaranya, zona parkir, zona pedagang, zona wahana air dan rest area,”  katanya.

 

Selain Cibodas, ungkap Adang, pemerintah daerah saat ini juga sedang fokus untuk menata sekaligus mengembangkan destinasi wisata lain seperti Gunung Padang, Pandan Wangi dan hutan kota.

 

“Nantinya akan ditata sedemikian rupa, baik sarana prasanara (amenitas) umum maupun pariwisatanya. Insya Allah penataan Cibodas juga sama tahun depan,” ungkapnya. (bis)

Komentar