Selasa, 21 Pebruari 2017 - Pukul 12:08

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal
OLEH: Heri Febriyanto

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal

Mulai lunturnya kecintaan dan minat generasi muda terhadap budaya tradisional lokal, menjadi perhatian serius bagi Kepala Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Acep Haryadi. Sebagai…

>> more

healthy life

Mahalnya Biaya Pengobatan Kanker di Indonesia

Mahalnya Biaya Pengobatan Kanker di Indonesia

Kanker merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung dan stroke. Biaya pengobatan kanker yang dirasakan sangat mahal dituding sebagai salah satu faktor yang turut memperburuk…

>> more

healthy life

6 Cara Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Selasa 27 Desember 2016 | 17:30 WIB

6 Cara Jitu Agar Anak Rajin Sikat Gigi

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Menyikat gigi tidaklah bersifat insting, anak-anak tidak langsung mengerti dan memahami pentingnya rutinitas ini. Karenanya, dibutuhkan proses pengenalan dan pembelajaran sejak kecil. Semakin dini mengenalkan kebiasaan sikat gigi pada si kecil akan semakin mudah pula ia untuk mengadaptasi aktivitas ini sebagai rutinitas harian.

 

Biasanya anak-anak sangat susah untuk diajak sikat gigi. Tapi sebenarnya, ada banyak yang bisa dilakukan agar ia tidak lagi malas menyikat gigi. 

 

Dilansir dari klikdokter.com, Selasa (27/12/2016), berikut ini 6 tips agar anak rajin sikat gigi.

 

1. Beri contoh yang benar
Orangtua merupakan figur ideal bagi anak. Karena itu, berikan kesan pada anak bahwa sikat gigi adalah aktivitas yang menyenangkan.

 

Saat menyikat gigi bersama-sama anak, pasang wajah gembira. Jangan lupa, jelaskan padanya mengapa sikat gigi penting bagi kesehatan.

 

2. Gunakan boneka atau makanan
Saat berlatih menyikat gigi, biarkan anak mengajak boneka atau mainannya yang memiliki gigi untuk pura-pura disikat. Jadi anak dapat berlatih sikat gigi sambil bermain.

 

3. Berikan hadiah kecil jika berhasil
Buatkan kalender dan siapkan sticker yang anak suka. Setiap selesai menyikat gigi, anak akan mendapatkan sticker untuk ditempel di kalender.

 

4. Buat cerita ala superhero
Karanglah suatu cerita bebas tentang kuman yang menggerogoti gigi dalam mulut. Satu-satunya cara untuk membunuh kuman adalah dengan menyikat gigi.

 

Jadikan suasana seperti pertempuran antara kuman dan jagoan pembunuh kuman. Supaya lebih seru, pakaikan anak jubah-jubahan agar ia merasa seperti superhero betulan.  

 

5. Pasang musik favorit
Untuk mendampingi ritual sikat gigi, Anda dapat memasang lagu-lagu favorit anak. Dengan cara ini, ia tidak akan bosan dan menjadi lebih bersemangat untuk menyikat giginya.

 

6. Biarkan anak memilih sikat gigi

Biarkan anak memilih sendiri sikat gigi yang ia sukai, seperti gambar superheroes, boneka, dan sebagainya

Komentar