Selasa, 21 Pebruari 2017 - Pukul 12:09

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal
OLEH: Heri Febriyanto

Tumbuhkan Kembali Minat Generasi Muda Akan Budaya Lokal

Mulai lunturnya kecintaan dan minat generasi muda terhadap budaya tradisional lokal, menjadi perhatian serius bagi Kepala Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Acep Haryadi. Sebagai…

>> more

healthy life

Mahalnya Biaya Pengobatan Kanker di Indonesia

Mahalnya Biaya Pengobatan Kanker di Indonesia

Kanker merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung dan stroke. Biaya pengobatan kanker yang dirasakan sangat mahal dituding sebagai salah satu faktor yang turut memperburuk…

>> more

good news

Per 6 Januari 2017 Mulai Diberlakukan Kenaikan Biaya Penerbitan STNK dan Mutasi Kendaraan

Oleh: kliksaja.co - Rabu 04 Januari 2017 | 08:00 WIB

Per 6 Januari 2017 Mulai Diberlakukan Kenaikan Biaya Penerbitan STNK dan Mutasi Kendaraan

BERITACIANJUR.COM - Pemerintah mengesahkan kenaikan tarif Penerimaan Negara Bukan pajak (PNBP) di lingkungan Polri per 6 Januari 2017 mendatang.

 

Kenaikan PNBP ini mulai biaya pengujian Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hingga Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

 

Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 60 Tahun 2016 tentang PNBP di Lingkungan Polri pengganti PP No 50 Tahun 2010. Kenaikan tarif tersebut mulai penerbitan STNK baru dan perpanjangan, pengesahan STNK, penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK), dan lain-lain, dengan kenaikan rata-rata 100 persen dari tarif awal.

 

“Itu kan Pemerintah yang menaikkan. Ada PP-nya,”ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol RP Argo Yuwono, Selasa (3-01-2017).

 

Berikut daftar kenaikan tarif PNBP di Kepolisian:

 

1.Penerbitan STNK baru dan perpanjangan untuk motor atau roda tiga dari sebelumnya Rp50 ribu menjadi Rp100 ribu. Sedangkan biaya penerbitan STNK roda empat atau lebih, baru dan perpanjangan dari semula Rp75 ribu menjadi Rp200 ribu.

 

2.Pengesahan STNK roda dua atau roda tiga dari gratis menjadi Rp25 ribu. Sedangkan untuk pengesahan STNK roda empat atau lebih sebesar Rp50 ribu.

 

3.Penerbitan STCK untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni Rp25 ribu. Sedangkan penerbitan STCK kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp25 ribu menjadi Rp50 ribu.

 

4.Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp25 ribu. Sedangkan biaya penerbitan TNKB untuk kendaraan roda empat atau lebih mengalami kenaikan dari semula Rp25 ribu menjadi Rp50 ribu.

 

5.Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru maupun penggantian untuk kendaraan roda dua atau tiga naik dari Rp80 ribu menjadi Rp225 ribu. Sementara penerbitan BPKB baru/penggantian untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp100 ribu menjadi Rp375 ribu.

 

6.Penerbitan surat mutasi ke luar daerah, untuk kendaraan roda dua atau tiga, dari Rp75 ribu menjadi Rp150 ribu. Sementara per bulan surat mutasi untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp75 ribu menjadi Rp250 ribu.

 

7.Penerbitan STNK Lintas Batas Negara untuk roda dua atau tiba baik baru maupun penggantian, yang semula tidak dikenakan tarif menjadi Rp100 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih menjadi Rp200 ribu.

 

8.Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Lintas Batas Negara untuk roda dua atau lebih Rp100 ribu, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih Rp200 ribu.

Komentar