Jumat, 26 Mei 2017 - Pukul 01:06

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

makan enak

Jambu Jamaika Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Oleh: Heri Febriyanto - Senin 20 Pebruari 2017 | 11:00 WIB

Jambu Jamaika Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

BC/Heri Febriyanto

BERITACIANJUR.COM - Siapa sangka dibalik namanya yang unik, ternyata Jambu Jamaika memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan jambu ini menjadi salah satu buah favorit yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Bagi pengguna kendaraan yang setiap hari melintas di Jalan Raya Cianjur-Cipanas, pasti akan sering melihat buah ini dijual di sepanjang jalan tepatnya di Desa Cijedil, Kecamatan Cugeunang.

 

Terdapat sedikitnya sepuluh pedagang yang membuka lapak menjual jambu berwarna khas merah itu, dengan harga yang bervariatif. Khusus jambu jamaika berukuran kecil dihargai Rp 20 ribu/kg dan yang berukuran sedang Rp 35 ribu/kg. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar bisa mencapai Rp 40 ribu/kg.

 

“Sekarang memang sedang musimnya, karena sudah mulai memasuki masa panen, apalagi kalau cuaca bagus bisa tiga sampai empat kali panen,” ujar Anas (25) salah seorang pedagang jambu Jamaika yang ditemui “BC”, Jumat (17/2/2017).

 

Pria yang mengaku sudah menjual Jambu Jamaika secara turun temurun dari kakeknya itu mengatakan, mendapat pasokan buah tersebut dari wilayah Rajamandala, Padalarang, Ciranjang dan Palabuhan Ratu, Sukabumi.

 

Menurutnya, dalam satu hari dirinya bisa menjual 20-25 kilogram Jambu Jamaika berukuran kecil dan sedang. Konsumennyapun beragam, dari yang menggunakan sepeda motor hingga mobil pribadi.“Kalau hari-hari biasa banyak pembeli yang menggunakan kendaraan pribadi, namun hari libur ada juga yang menggunakan bis pariwisata,” katanya.

 

Meski sebulan terakhir deretan lapak penjual jambu Jamaika di sepanjang Jalan Raya Cugeunang sempat tutup, namun beberapa hari ini sudah mulai buka kembali karena memasuki masa panen. “Biasanya kalau panen bisa dua sampai tiga kali, tergantung cuacanya,” tandasnya.

 

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, selain menawarkan rasa yang enak ternyata Jambu Jamaika memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Khasiatnya pun beragam, bisa untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, membantu melancarkan sistem pencernaan, sumber energi dan kabohidrat, membantu menguatkan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan sariawan, menurunkan demam hingga mencegah terkena penyakit diabetes. (pur)

 

Komentar