Jumat, 26 Mei 2017 - Pukul 01:06

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'
Kang Anton

Lagi, Bicara Soal 'Komitmen'

Rasanya ini momen yang pas untuk berpikir kembali soal 'Komitmen', dengan (jujur) meminjam paparan dari para pemerhati Sumber Daya Manusia (SDM) dan dinamikanya dalam perusahaan. Di…

>> more

inspirasi

Berprestasi Dalam Keterbatasan
OLEH: Apip Samlawi

Berprestasi Dalam Keterbatasan

Ketiadaan, kekurangan atau keprihatinan bukanlah suatu alasan untuk menyerah, berhenti dalam menggapai suatu impian. Tetapi sebaliknya, justru hal itu harus dijadikan dasar utama untuk…

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

>> more

healthy life

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Oleh: Rifqi Dahwan Aziz - Kamis 23 Pebruari 2017 | 14:45 WIB

Waspada, 6 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Banjir

Net/Ilustrasi

BERITACIANJUR.COM - Musim hujan memang kerap mendatangkan banjir. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap penyakit akibat banjir.

 

Dilansir dari laman klikdokter.com, Kamis (23/2/2017). 6 penyakit yang ditimbulkan akibat banjir di antaranya:

 

Diare

Air yang kotor dan menggenang saat banjir membuat Anda dan keluarga rawan terkena diare. Selain itu makanan yang terkontaminasi bakteri, parasit, dan virus juga bisa menyebabkan diare.

 

Leptospirosis

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteria Leptospira dan biasanya terdapat pada urine hewan seperti tikus dan sapi. Anda bisa terinfeksi leptospirosis apabila berada di air yang terkontaminasi dalam waktu lama atau melalui kontak dengan luka terbuka.

 

Demam tifoid

Demam tifoid yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi dapat mengontaminasi makanan atau minuman Anda. Untuk menghindarinya pastikan makanan yang Anda makan terjaga kebersihannya.

Hindari mengonsumsi makanan dari area yang tidak bersih dan berisiko terkontaminasi bakteri. Pastikan juga Anda mencuci tangan saat menyiapkan makanan dan sebelum makan.

 

Demam berdarah

Demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti merupakan penyakit yang sering muncul di saat musim penghujan karena musim hujan dan air yang tergenang merupakan tempat perkembangbiakannya.

 

Konjungtivitis

Konjungtivitis atau infeksi pada mata dapat disebabkan oleh bakteri. Saat musim banjir, Anda rentan terkena konjungtivitis karena kebiasaan menggosok mata dengan tangan atau handuk yang kotor.

Untuk menghindarinya selalu cuci tangan Anda. Jika Anda merasakan gatal di area mata, hindari mengucek atau menggosok mata Anda.

 

Ruam kulit

Ruam atau gatal–gatal pada kulit dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau parasit. Kontak lama dengan air dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

 

Untuk itu, gunakan sepatu boots saat membersihkan rumah atau melakukan aktivitas di area banjir. Jangan lupa, bersihkan tubuh Anda dengan air dan sabun antiseptik supaya terhindar dari penyakit tersebut.

Komentar