Akses Jalan Menuju Curug Citambur dan Rumah Abah Jajang Kini Sudah Mulus, Bupati Cianjur: Hadiah untuk Warga Pasirkuda

BERITACIANJUR.COM – Akses jalan menuju Curug Citambur dan rumah Abah Jajang yang viral di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur kini sudah mulus.

 

Pasalnya, jalan yang awalnya bak ‘jalur neraka’ tersebut, kini sudah dibangun dengan kontruksi beton oleh Pemkab Cianjur sepanjang 17,65 kilometer dan menghabiskan anggaran sekitar Rp50 miliar.

 

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, setelah rumah Abah Jajang viral dengan pemandangan Curug Citambur yang mempesona, ia kerap mendapatkan keluhan terkait kondisi jalan yang rusak.

 

Padahal, banyak wisatawan yang datang berkunjung, baik dari lokal maupun mancanegara.

 

“Makanya setelah itu saya langsung siapkan anggaran dan kini sudah hampir rampung pengerjaan perbaikan jalannya,” ujar Herman saat berada di rumah Abah Jajang, Selasa (6/2/2024).

 

Menurut Herman, dari total jalan yang diperbaiki mencapai 17,65 kilometer, tinggal 600 meter yang belum rampung.

 

“Sekarang tinggal 600 meter lagi jalan yang diperbaiki. Target yang 600 meter jalan itu dalam seminggu selesai, tapi untuk bisa dilalui sekitar dua minggu lagi,” terangnya.

 

Herman menuturkan, jalan tersebut menjadi hadiah dari Pemkab untuk seluruh warga Pasirkuda, terutama Abah Jajang dan Wisata Curug Citambur.

 

“Karena kini rumah Abah Jajang menjadi ikon wisata di Cianjur selatan. Ditambah dengan adanya wisata Curug Citambur, membuat tingkat perekonomian masyarakat di sekitarnya mulai bangkit. Maka dari itu, jalan ini juga jadi bentuk perhatian dari Pemkab Cianjur bagi warga Pasirkuda,” ungkapnya.

 

Selain akses menuju rumah Abah Jajang dan Curug Citambur, lanjut Herman, Pemkab juga akan membangun akses jalan ke destinasi wisata lainnya

 

“Kendala pengembangan wisata di Cianjur salah satunya kondisi jalan. Makanya kita genjot pariwisata dengan membangun aksesnya. Semoga wisata Cianjur bangkit dan sektor perekonomian juga ikut meningkat,” tuturnya.

Baca Juga  Akses Jalan Rusak-Jembatan Putus, Warga Naringgul yang Sakit Parah Terpaksa Ditandu Menuju Rumah Sakit

 

Di tempat yang sama, Abah Jajang mengaku sangat senang akses jalan menuju rumahnya dan Curug Citambur akhirnya diperbaiki, setelah sekian lama rusak.

 

“Senang, jadi saudara-saudara Abah (wisatawan) bisa berkunjung ke sini dengan nyaman. Abah senang karena semakin banyak yang datang, Abah jadi banyak saudara dari mana-mana,” tuturnya.

 

Rumah Abah Jajang sempat viral di media sosial pada Maret 2023 lalu, karena memiliki pemandangan langsung menghadap Curug Citambur yang indah. Bahkan, rumah tersebut sempat ditawar seorang pengusaha hingga Rp2,5 miliar.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *