Heboh! Kyai di Cianjur Relakan Istrinya pada Habib Asal Yaman Agar Dapat Syafaat

BERITACIANJUR.COM – Video Gus Ubad Aminullah menceritakan seorang kyai di Cianjur rela menyerahkan istrinya pada habib asal Yaman agar mendapat syafaat, viral di media sosial.

Dalam potongan video berdurasi 1.17 menit itu, Gus Ubad yang mengenakan peci merah mengatakan, dirinya pernah ngobrol dengan salah satu pihak keluarga dari pesantren besar di Cianjur.

Saat berbincang dengan keluarga Ponpes itu terungkap, bahwa beberapa bulan lalu seorang Habib asal Empang Bogor mendatangkan habib-habib asal Yaman ke Ponpes yang ada di Cianjur.

“Ada di Cianjur, salah satu pesantren besar. Kebetulan dari salah satu keluarganya ada yang ngobrol dengan saya. Katanya beberapa bulan lalu, ada habib dari Empang Bogor yang mendatangkan habib-habib dari Yaman ke Cianjur. Tidak saya sebutkan nama pondoknya,” ujar Gus Ubad.

Saat pertemuan tersebut, lanjutnya, salah seorang habib melihat perempuan yang merupakan istri dari kyai di Cianjur. Kemudian, sang habib pun meminta istri kyai tersebut sambil menyebutkan tidak akan mendapatkan syafaat apabila tidak mengikhlaskan sang istri.

“Karena istri kyai ini cantik, geulis. Itu di waktu itu juga, orang yang mengaku cucunya rasul dari Yaman itu meminta istrinya kyai. Dengan alasan, jika tidak diikhlaskan, tidak dipasrahkan kepada saya, maka kau tidak akan dapat syafaat. Karena sang kyai kadung percaya ini dzuriyahnya rasul, akhirnya kyai ini rela. Ini fakta nih,” ungkap Gus Ubad.

Menanggapi video viral tersebut, Sekretaris MUI Kabupaten Cianjur, Saepul Ulum mengatakan, tengah menelusuri sosok kyai dan habib yang disebutkan oleh Gus Ubad.

“Kita sedang telusuri dulu siapa kyai dan habibnya,” ucapnya, Rabu (1/5/2024).

Ia menegaskan, MUI akan mengklarifikasi informasi tersebut langsung kepada pihak yang disebutkan dalam video tersebut.

Baca Juga  Tingkatkan Strata Desa, Pemprov Jabar Distribusikan 398 Unit Maskara ke Berbagai Wilayah

“Kita ingin tabayun, menanyakan dulu kebenarannya. Tapi terlebih dulu harus cari tahu siapa sosok kyai dan habibnya,” paparnya.

Saeful menuturkan, pernyataan dalam video tersebut tentunya sudah mencoreng nama baik ulama di Cianjur.

“Tentu ini mencoreng, karena seolah ulama di Cianjur tidak paham terhadap agama. Terlebih kaitan pernikahan. Tidak bisa karena dianggap dzuriyah (keturunan) jadi tiba-tiba menyerahkan istrinya begitu saja,” kata dia. kami akan pastikan dulu seperti apa informasi sebenarnya,” tutupnya.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *