106 Peserta Tampil di Helaran HJC ke-346, Ada Badawang hingga Marching Band, Terfavorit Kuda Kosong

BERITACIANJUR.COM – Sebanyak 106 peserta tampil dalam Helaran Seni dan Budaya Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-346 sekaligus peringatan HUT ke-78 RI, Sabtu (19/8/2023).

Berbagai penampilan epic dari komunitas dan kecamatan menjadi tontonan istimewa bagi seluruh masyarakat Cianjur.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Salah satunya ada Kesenian Badawang persembahan dari Kecamatan Sukaresmi yang merupakan hasil kreasi para warga Desa Pakuon.

Sebagai informasi, Badawang adalah boneka manusia berbentuk raksasa menyerupai ondel-ondel dari Jakarta. Namun, Badawang lebih diterapkan pada figur yang terkenal di Jawa Barat, mulai dari semar, cepot, dawala, hingga gareng.

Selain itu, ada juga penampilan marching band dari sejumlah sekolah di Cianjur dan pertunjukan memukau dari marching band Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi spesial untuk Hari Jadi Cianjur.

Tak ketinggalan dan paling terfavorit warga, yakni Tradisi ‘Kuda Kosong’ yang tampil gagah dengan semua aksesoris dan dikawal oleh prajurit Sunda berpakaian tradisional.

Adanya Kuda Kosong ini berkaitan dengan sejarah berdirinya Kabupaten Cianjur yang pada saat itu di bawah kepemimpinan Raja Mataram dan Cianjur harus menyediakan upeti pada raja.

Akhirnya, Dalem Cianjur, RA Ariawiratanudatar mengirimkan perwakilan yaitu adiknya bernama Aria Natadimanggala untuk menyerahkan upeti berupa tiga bulir padi, tiga butir pedes, dan tiga butir cabe rawit. Dari setiap upeti itu memiliki makna masing-masing.

Hebatnya, Raja Mataram bisa memahami arti upeti tersebut dan memberikan balasan berupa keris, kuda, dan pohon saparatu untuk Dalem Cianjur. Akhirnya, kuda tersebut dibawa pulang ke Cianjur dengan cara dituntun dan tidak ditunggangi sebagai bentuk rasa hormat kepada Dalem Cianjur.

Sesampainya di Cianjur, kuda tersebut diarak keliling Kota Cianjur dan menjadi sebuah kebanggaan. Karena kuda tersebut tidak ditunggangi ketika dibawa ke Cianjur, akhirnya kuda tersebut dijuluki ‘Kuda Kosong’.

Baca Juga  DPRD Cianjur Dorong Plt Bupati Lakukan Klarifikasi, CRC: Semakin Bungkam Semakin Kuat Dugaan Korupsinya

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengapresiasi dan berterima kasih pada semua peserta yang telah ikut serta dalam Helaran HJC ke-346 yang berlangsung meriah ini.

“Terima kasih pada peserta dan penonton yang ikut memeriahkan Helaran Seni dan Budaya HJC ke-346 dan HUT ke-78 RI ini. Semua hiburan ini dari masyarakat dan untuk masyarakat Cianjur,” ujar┬áHerman.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *