Banjir Setinggi 1,5 Meter Rendam Belasan Rumah di Karangtengah

BERITACIANJUR.COM – Banjir setinggi 1,5 meter merendam belasan rumah di Kampung Nangewer, Desa Sukamulya, Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jumat (9/2/2024). Bencana banjir terjadi pada pukul 20.Wib.

Berdasarkan informasi, diduga banjir tersebut disebabkan longsoran yang menutup aliran Sungai Ciuncal, sehingga air meluap dan merendam pemukiman.

“Awal banjir sekitar pukul 20.00 Wib. Jadi awalnya itu tanah dan pepohonan bambu di tepi sungai longsor, lalu material tanah dan batang bambunya menutup aliran sungai. Kondisi tersebut menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri pemukiman,” kata Camat Karangtengah Djoko Purnomo.

Total rumah yang terendam, sambung dia, mencapai 15 rumah dan rata-rata terendam dengan ketinggian 75 cm. Ia menyebutkan, tak ada korban dalam bencana banjir.

Salah seorang relawan, Hendrik Supriyadi menjelaskan, terdapat 6 rumah yang terdampak paling parah, sedangkan sisanya hanya terendam di bagian halamannya.

“Yang parah itu karena dekat dengan aliran sungai. Awal luapan itu ada yang terendam hingga 1,5 meter, tapi banjirnya berangsur surut,” ujarnya.

Melihat arus sungai yang masih sangat deras, menurutnya penanganan longsoran akan dilakukan pada Sabtu (10/2/2024) pagi, karena jika dipaksakan langsung dikhawatirkan membahayakan petugas gabungan.

“Setelah banjir surut dan aliran sungai normal, rencananya akan dilakukan normalisasi Sabtu pagi. Tapi petugas tetap disiagakan di lokasi, karena ada beberapa warga yang belum mau dievakuasi,” tutupnya.(gil)

Baca Juga  Kerugian Material Akibat Gempa Capai Rp4 T, Bupati Cianjur: Ini Baru Hitungan Kasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *