Kemarau Panjang, Pemkab Cianjur Gelar Salat Istisqa Mohon Diturunkan Hujan

BERITACIANJUR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggelar salat istisqa di Alun-alun Cianjur, Senin (9/10/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cianjur Herman Suherman, anggota DPRD Cianjur, Ketua MUI Cianjur KH Abdul Rauf, jajaran perangkat daerah, guru-guru dan murid SMA/SMK, serta masyarakat Cianjur.

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada masyarakat Cianjur atas partisipasinya untuk bersama-sama melaksanakan salat sunah istisqa berjamaah.

Sebab, salat istisqa juga dilaksanakan di 32 kecamatan yang ada di Cianjur sebagai ikhtiar memohon kepada Allah Swt agar menurunkan hujan.

“Saya sudah perintahkan di setiap kecamatan dan desa untuk kembali menggelar salat istisqa di wilayahnya masing-masing sebagai bentuk ikhtiar kita kepada Allah Swt agar diturunkan hujan yang penuh keberkahan di Cianjur, baik di wilayah utara maupun selatan,” ujar Herman melalui akun Instagramnya, Senin (9/10/2023).

Herman juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdzikir, berdoa, dan bersholawat agar segera diturunkan hujan di tanah Cianjur.

“Karena kemarau ini tentunya sangat berpengaruh terhadap ketahanan pangan dan kebutuhan pokok warga Cianjur,” ungkap Herman.

Menurutnya, kekeringan terjadi di hampir seluruh wilayah Cianjur. Ribuan hektar sawah sulit ditanami sehingga supply demain tidak seimbang dan akhirnya harga beras menjadi naik.

“Tercatat ada beberapa wilayah yang terjadi kekeringan hampir merata hingga ke selatan. Sementara di utara sudah ada hujan, tapi hanya beberapa kali,” imbuhnya.

Selain ikhtiar dengan melaksanakan salat istisqa, lanjut Herman, Pemkab Cianjur juga sudah menyediakan posko kemarau bagi wilayah yang terdampak kekeringan atau kekurangan air bersih.

“Kami juga sudah membuat posko penanganan kemarau untuk warga yang terdampak dengan dibantu oleh PMI, BPBD, dan PDAM untuk membantu menyediakan air bersih,” tutupnya.(gap)

Baca Juga  Ferry Irawan Resmi Ditahan Polda Jatim, Venna Melinda Mantap Bercerai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *