Mensos Tri Rismaharini Berikan Bantuan 12 Tempat Tinggal bagi Korban Terdampak Gempa Cianjur

BERITACIANJUR.COM – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini menyerahkan bantuan berupa 12 tempat tinggal bagi korban terdampak gempa Cianjur di Desa Ciherang, Cugenang, Jumat (12/1/2024).

Risma menyebut, bantuan ini merupakan hasil dari donatur yang menyalurkan bantuannya melalui kitabisa.com dan YPP SCTV Indosiar.

“Alhamdulillah lewat kitabisa.com dan YPP SCTV Indosiar, kami bisa membantu membangun 12 unit rumah untuk para korban gempa,” ujar Risma kepada wartawan.

Kemensos, lanjut Risma, tidak bisa membantu dengan APBN, karena para penyintas merupakan pendamping pilar sosial.

“Para pendamping itu rutin dibiayai setiap bulan melalui tali kasih dari negara. Sehingga saya tidak bisa mengeluarkan itu, karena aturannya demikian,” imbuhnya.

Menurut Risma, agar bisa membantu pilar sosial tersebut, Kemensos bekerja sama dengan kitabisa.com dan YPP SCTV Indosiar.

“Meskipun mereka para sebagai pilar sosial, mereka warga Indonesia dan berhak untuk mendapat bantuan,” tuturnya.

Risma menuturkan, kunjungannya ini bukan hanya sekadar membangun rumah, tapi juga melakukan pemberdayaan untuk korban gempa dengan membuat bata antigempa.

“Kita ajarkan, lalu kita beli untuk membangun rumah ini. Biayanya dapat dari para donatur di kitabisa.com,” ungkapnya.

Selain memberikan bantuan berupa rumah, lanjut Risma, para penyintas juga akan diajari untuk bisa membuka usaha seperti membuka kafe hingga belajar membuat kerajinan tangan atau handicraft.

“Kita juga mengajari mereka untuk usaha seperti membuka kafe dan juga memasak bagi ibu-ibu agar masakannya bisa dijual,” ucapnya.

Kemudian, sambungnya, ada juga yang diajari handicraft hingga bisa mengikuti lomba Dekranas dan menjadi Juara 1.

“Selain itu, mereka juga sudah ada yang meminta graduasi untuk keluar dari penerima bantuan pemerintah, karena mereka sudah mandiri. Bahkan, ada banyak yang dilatih sehingga kita bisa membuat pasar di beberapa titik untuk para penampungan,” paparnya.

Baca Juga  Perangi Corona Bersama Forkopimda, Polres Cianjur Kembali Bagikan Hand Sanitizer Gratis

“Mau bagaimana pun mereka (penyintas) merupakan warga negara Indonesia sekaligus pilar sosial, sehingga mereka layak menerima bantuan,” tutupnya.(gil/gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *