Ada Pangan Murah, Masyarakat Serbu Pendopo Cianjur

BERITACIANJUR.COM – ADA pemandangan berbeda di Pendopo Cianjur, Rabu (16/11/2022). Ratusan masyarakat dari berbagai wilayah memadati area Kantor Pemerintah Kabupaten Cianjur. mereka mengincar bahan kebutuhan pokok dengan harga murah yang tersedia pada program gelar pangan murah.

Berdasarkan pantauan, sejumlah masyarakat rela menunggu dalam antrean yang cukup panjang. Produk yang bervariatif dan harga yang murah menjadi daya tarik masyarakat untuk mendatangi Pendopo Cianjur.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Cianjur, Abdul Hanan Sukmana mengatakan, kegiatan pangan murah tersebut merupakan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat yang akan dihelat 3 kali.

“Acara sekarang itu untuk yang kedua kalinya dan akan digelar sebanyak tiga kali,” ujar Abdul, Rabu, (16/11/2022).

Pada kegiatan tersebut, sambung dia, disediakan sebanyak 3.607 kilogram bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari 11 jenis bahan pokok, di antaranya terdapat daging ayam Rp30 ribu per kilogram, beras premium Rp11 ribu per kilogram, gas 3 kg Rp16 ribu dan minyak goreng Rp12.500 per liter.

“Sebagai upaya untuk menekan harga jual yang ada di pasar, semua hargana dijual di bawah harga pasar. Antusias masyarakat cukup tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Cianjur, Agus Mulyana mengatakan, ada tiga komoditi yang menjadi promadona pada gelaran pangan murah, yakni minyak goreng, daging ayam dan telur.
“Tiga komoditi itu cepat habis. Untuk minyak goreng, awalnya kita siapkan 50 karton, namun cepat habis dan kita tambah lagi 20 karton. Telur juga sama cepat habis karena mungkin banyak yang butuh. Ketiga komoditi itu dipasok dari Pasar Induk Pasir Hayam,” pungkasnya.(ziz)

Editor: Gia Gusniar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *