Bupati Cianjur Tinjau Rumah Warga yang Tertimpa Pohon Tumbang Akibat Hujan Deras

BERITACIANJUR.COM – Bupati Cianjur, Herman Suherman meninjau rumah warga yang tertimpa pohon tumbang akibat hujan deras yang terjadi pada Sabtu (4/11/2023) di Kelurahan Muka, Cianjur.

Orang nomor satu Cianjur itu meminta warga agar selalu waspada apabila hujan besar datang termasuk pohon-pohon yang berpotensi tumbang.

“Tetap waspada apabila ada hujan besar dan lihat situasi sekeliling lingkungan kita. Apakah ada pohon besar yang berpotensi runtuh saat hujan atau ada selokan yang kemungkinan akan menghambat aliran sungai karena banyak sampah yang menghambat air mengalir,” ujar Herman mengutip akun Instagram pribadinya, Minggu (5/11/2023).

Herman juga mengajak seluruh warga Cianjur untuk aktif menjaga kebersihan lingkungan, terutama saat kini sudah memasuki musim hujan.

“Mari sama-sama menjaga lingkungan sekitar kita, agar nyaman dan aman akibat hujan besar yang diprediksi sampai Desember 2023,” lanjutnya.

Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Cianjur pada Sabtu (4/11/2023) menyisakan banyak cerita. Mulai banjir yang terjadi di sejumlah lokasi hingga pohon tumbang.

Dalam beberapa unggahan warganet di WhatsApp Group (WAG), hujan deras mengakibatkan pemukiman warga di daerah Warung Jambe, Solokpandan Cianjur terendam. Warga pun terlihat berusaha menyelamatkan barang-barang beharga mereka di tengah guyuran hujan.

Selain itu, terpantau di daerah Badak Putih (Loji), Sawahgede, Cianjur, air meluap dan merendam jalan hingga setinggi lutut orang dewasa.

Begitu juga di Jalan HOS Cokroaminoto (pertigaan Barisan Banteng), air menutupi jalan dan membuat sejumlah kendaraan mogok dan tidak bisa digunakan.

Pohon Tumbang di 5 Lokasi

Hujan deras juga menyebabkan pohon tumbang di 5 lokasi berbeda di Kabupaten Cianjur. Bahkan, 4 orang terluka setelah kendaraannya tertimpa pohon tumbang.

Pohon tumbang salah satunya terjadi di Jalan Arif Rahman Hakim (Depan Yogya Cianjur). Pohon setinggi 15 meter roboh usai diterjang hujan deras yang disertai angin kencang pada Sabtu sore.

Baca Juga  Waspada Covid-19, Bupati Cianjur Minta Masyarakat Mulai Terapkan Protokol Kesehatan

Pohon tersebut tumbang di tengah arus antrean kendaraan yang mengakibatkan tiga mobil dan satu sepeda motor tertimpa pohon hingga ringsek. Empat pengendara dilaporkan mengalami luka ringan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur Asep Sukma Wijaya, mengatakan berdasarkan laporan dari petugas, hujan menyebabkan pohon tumbang di lima lokasi.

“Salah satunya di Jalan Arif Rahman Hakim. Selain itu terjadi juga pohon tumbang di Jalan Raya Sukabumi, Jalan Raya Cibeber, Jalan KH Abdullah bin Nuh (Depan Gedung DPRD), dan Pasirhayam,” jelasnya.

Untuk jumlah korban, lanjutnya, masih terus didata oleh petugas di lapangan yang telah disebar ke sejumlah titik.

“Penanganannya terbagi, supaya semuanya selesai. Sampai pukul 21.00 Wib masih penanganan oleh petugas dibantu dengan Damkar, PMI, kepolisian, TNI, dan warga,” tutupnya.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *