Diduga Keluar dari Habitatnya Pasca-gempa, Seekor Kukang Masuk ke Pemukiman Warga di Cugenang

BERITACIANJUR.COM – DIDUGA keluar dari habitatnya pasca-gempa yang melanda Cianjur, seekor kukang masuk ke pemukiman warga di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Kini, hewan dilindungi tersebut sudah berhasil dievakuasi.

Menurut Anggota Yayasan Sintesia Animalia Indonesia, Jovand Imanuel Calvary, keberadaan kukang pertama kali ditemukan oleh warga. Temuan itupun langsung dilaporkan pada relawan dari Damkar Tangerang yang saat itu ada di sekitar Desa Sarampad.

“Jadi yang awal menemukan warga, kemudian diamankan oleh petugas Damkar Tangerang yang tengah jadi relawan di Desa Sarampad. Kemudian diamankan dan dimasukkan dalam kandang kucing, karena saat itu tidak ada kandang lain,” ujarnya, Senin (12/12/2022).

Setelah itu, Damkar menginformasikan temuan tersebut pada relawan pet lover yang tengah melakukan penanganan dan evakuasi hewan terdampak bencana di Cianjur.

“Begitu mendapatkan informasi, kita langsung datang bersama petugas dari Puskeswan Cianjur Utara untuk mengevakuasi hewan dilindungi tersebut,” kata dia.

Hewan primata yang dikenal dengan gerakannya yang lambat itupun langsung dibawa ke posko hewan di Puskesmas Cianjur Utara untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

Petugas Puskeswan Cianjur Utara, Dadang Abdullah menjelaskan, berdasarkan pemeriksaan kesehatan, kukang yang diduga dari alam liar tersebut dalam keadaan sehat.

“Kukangnya sehat. Kita sudah laporkan ke BKSDA dan segera akan diserahkan,” pungkasnya.(wan)

Baca Juga  Perbup Cianjur Parsial Tak Pernah Dievaluasi Gubernur, Ini Temuan Baru CRC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *