Duh! Kontraktor Ancam Usir Penyintas Gempa Cianjur dari RTG Gegara Dana Stimulan Tak Kunjung Cair

BERITACIANJUR.COM – Kontraktor Rumah Tahan Gempa (RTG) mengancam akan mengusir para penyintas gempa di Cianjur dari rumah yang telah mereka tempati, jika pemerintah tidak segera mencairkan dana stimulan.

 

Hal tersebut diungkapkan Anggota Forum Jasa Kontruksi RTG Cianjur, Ai Muklisoh. Menurutnya, vendor atau kontraktor RTG sudah dibuat kesal dengan ketidakjelasan pencairan dana stimulan, terutama untuk tahap 4.

 

“Selama ini Pemkab Cianjur selalu melempar kami ke sana-sini untuk menanyakan perihal kejelasan dana stimulan cair agar bisa membayar jasa kami atas pembangunan RTG bagi penyintas gempa,” ujar Ai, Rabu (21/2/2024).

 

Ia menegaskan, tidak sedikit kontraktor yang sudah menunggu pencairan dana stimulan tersebut selama berbulan-bulan bahkan setahun lebih.

 

“Ada yang sudah tiga bulan, bahkan ada yang hampir setahun menunggu pencairan,” tegasnya.

 

Ia pun menuntut sesegera mungkin hak pembayaran atas pembangunan rumah tahan gempa bagi penyintas gempa bumi Cianjur yang sudah rampung. Kurang lebih ada 1.200 rumah yang sudah dibangun, tapi belum dibayar.

 

“Anggota kami saja ada 28 vendor, total yang dibangun sudah 1.200 unit rumah. Kalau dipukul rata modalnya sekitar Rp50 juta, maka hak kami yang belum terbayarkan mencapai Rp60 miliar,” bebernya.

 

Menurutnya, setelah melakukan beberapa kali aksi protes, perwakilan dari BNPB sudah datang, bahkan tim inspektorat BNPB pun diterjunkan ke Cianjur.

 

“Beberapa hari lalu ada komunikasi, katanya akan dicek administrasinya supaya bisa segera dicairkan,” ungkapnya.

 

Namun, lanjut dia, jika tetap tidak ada kejelasan pencairan dana stimulan tersebut, pihaknya akan mengusir para penyintas dari RTG yang sudah dibangun.

 

“Sebenarnya kita tidak berharap hal ini terjadi, tapi kalau memang tidak kunjung ada kejelasan kapan dana stimulan cair dan hak kami dibayarkan, kami akan usir (penyintas) dari RTG yang sudah dibangun,” tegasnya.

Baca Juga  Percepat Pembangunan, Bupati Cianjur Rotasi dan Mutasi Pejabat Struktural dan Fungsional saat Ramadan

 

Pencairan Terganjal Administrasi dan Verifikasi

 

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, pencairan dana stimulan tahap 4 tersebut terganjal administrasi dan verifikasi penerima bantuan.

 

“Kita inginnya segera dicairkan. Tapi ada beberapa kendala, salah satunya ada data penerima bantuan di tahap 1, 2, dan 3 yang kembali masuk dalam daftar penerima bantuan tahap 4. Makanya prosesnya lama,” terang Herman.

 

Namun demikian, lanjut Herman, pihaknya sudah mendapatkan informasi bahwa tahapan verifikasi tersebut sudah rampung dan dana stimulan rumah terdampak gempa tahap 4 bisa segera cair.

 

“Tanggal pastinya belum, tapi informasinya secepatnya bisa cair,” tutupnya.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *