Kisah Inspiratif di Pos Layanan Gizi LKC DD, Sang Ibu Stres, Bayi Tetap Lancar Susui ASI Berkat Peran Sang Ayah

BERITACIANJUR.COM – ADA kisah inspiratif dari bencana gempa Cianjur. Ahli Gizi Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, Meyta Winduka, menceritakan kisah pasangan suami istri di pengungsian yang sedang mengurus bayi mereka yang baru lahir.

Usia anak hanya hitungan hari dan di masa-masa ini ASI merupakan asupan yang sangat penting bagi bayi. Namun sekalipun kondisi bencana, bayi ini bisa menyusui ASI dengan lancar. Menurut Meyta, ini karena dukungan sang ayah.

“Pasangan ini rumahnya hancur, makanya tinggal di pengungsian. Mereka juga masih takut untuk kembali ke rumah. Ibunya punya riwayat hipertensi, jadi pas kemarin mau lahiran, tepat di hari ke-6 pasca bencana gempa di Cianjur, dia dirujuk ke rumah sakit untuk lahiran. Setelah lahiran balik ke pengungsian, ibunya stres terus, takut gempa susulan. Padahal stres itu bikin ASI mampet,” tutur Meyta saat ditemui, Jumat (2/12/2022).

Meyta menuturkan, ketika kami melakukan kunjungan ke posko pengungsian dan pemeriksaan, hasil pemeriksaan menunjukkan tekanan darah yang tinggi. Meski begitu, sering merasa stres dan susah tidur, namun ASI sang ibu tetap ke luar lancar. Proses menyusui ini tak lepas dari peran penting sang suami. Selama di pengungsian, sang suami sering memijat pundak istrinya agar dapat merasa rileks. Hal ini menyebabkan pelepasan hormon oksitosin yang berpengaruh pada produksi ASI.

Pos Layanan Gizi Bencana LKC-DD merupakan kolaborasi berbagai pihak, seperti ahli gizi dari Puskesmas Cugenang, Persagi (Persatuan Ahli Gizi) Cianjur, Kespro (Kesehatan Reproduksi) IBI (Ikatan Bidan Indonesia) dan Kementerian Sosial serta Sisters In Danger. Adapun pelayanan yang diberikan antara lain penyuluhan gizi laktasi, konseling ibu hamil dan menyusui serta konseling PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak).

Baca Juga  Cianjur dalam Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi, Ini Penjelasannya

Keluarga ini merupakan satu dari ribuan penerima manfaat pos layanan gizi bencana LKC-DD. Saat berita ini diterbitkan, pos layanan gizi bencana ada di dua lokasi yaitu Cugenang dan Ciherang dengan penerima manfaat sekitar 2.243 jiwa sejak didirikan tanggal 1 Desember 2022.(gie/dd/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *