KPU dan Bawaslu Cianjur Libatkan Sejumlah Penyandang Disabilitas sebagai Penyelenggara Pemilu 2024

BERITACIANJUR.COM – Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Cianjur, Tanti Trisani mengatakan, ada lima penyandang disabilitas fisik yang ikut serta sebagai penyelenggara Pemilu 2024.

Menurutnya, 5 orang penyandang disabilitas fisik tersebut ditugaskan menjadi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh KPU dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) oleh Bawaslu Cianjur.

“Untuk KPPS ada 2 orang yakni di Kecamatan Sukaluyu dan Karangtengah. Sedangkan untuk Bawaslu tepatnya sebagai PTPS ada 3 orang, yakni di Kecamatan Cianjur ada 2 orang dan Kecamatan Cibinong 1 orang,” ujar Tanti, Rabu (31/1/2024).

Menurutnya, jumlah penerimaan KPPS yang mencapai puluhan ribu orang dengan jumlah penerimaan petugas KPPS dari penyandang difabel terbilang sangat sedikit.

“Kalau dibanding dengan jumlah hanya sedikit yang dilibatkan dalam penyelenggaraan pemilu saat ini, karena memang SDM-nya juga masih terbatas dalam hal pendidikan. Tetapi Alhamdulillah sudah ada pelibatan disabilitas meskipun belum optimal,” jelasnya.

“Ke depan diharapkan dapat lebih banyak lagi pelibatan disabilitas untuk pesta demokrasi,” lanjutnya.

Terpisah, salah seorang penyandang disabilitas fisik, Lisma Ademaya Sariputri (32) mengatakan, setelah melalui tahapan pendaftaran dan seleksi, ia bersyukur akhirnya bisa lolos dan dilantik menjadi KPPS di Desa Sukamanah, Kecamatan Karangtengah.

“Awalnya ragu, tapi dengar ada juga kawan saya yang penyandang disabilitas ikut daftar. Jadinya saya juga daftar dan akhirnya lolos,” paparnya.

Lisma mengaku sangat senang bisa terlibat dan menjadi petugas KPPS dalam pesta demokrasi yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Senang, karena ada kesempatan bekerja bagi kami para penyandang disabilitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Cianjur, M Ridwan menuturkan, ada 50.946 petugas KPPS yang sudah dilantik dan tersebar di 7.278 Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kabupaten Cianjur.

Baca Juga  Pecah, Ratusan Warga Bojong Larut dalam "Lembur Yamaha", Bupati Cianjur: Saya Sangat Apresiasi

“Di antaranya memang ada yang merupakan penyandang disabilitas. Karena kami juga memang mengakomodir agar mereka memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam Pemilu 2024 ini,” tandasnya.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *