oleh

Luar Biasa, Kapolres Turut Racik Hand Sanitizer Ciptaan Polres Cianjur

Plt Bupati: Di Lingkungan Kepolisian, Mungkin ini Program Pertama di Indonesia

Beritacianjur.com – Luar biasa dan benar-benar serius. Itulah kalimat yang pas disematkan untuk Kapolres Cianjur, AKBP Juang Andi Priyanto. Selain sejumlah programnya terkait pencegahan virus corona bisa langsung dirasakan warga Cianjur, ternyata Juang pun turun langsung ikut meracik hand sanitizer ciptaan tim Polres Cianjur.

Menurutnya, semua itu dilakukannya demi untuk menciptakan rasa tenang bagi warga Cianjur. Di saat warga panik akibat virus corona dan khawatir kehabisan stok hand sanitizer yang memang mulai langka di pasaran, ia pun mengaku langsung mencari ide untuk bisa membantu warga mendapatkan hand sanitizer.

“Tujuan utama kami agar bisa membantu mencegah penyebaran virus corona di Cianjur dan ingin membantu warga agar tak perlu panik dan menyediakan hand sanitizer bagi warga Cianjur,” ujarnya di sela-sela aktivitas ikut meracik hand sanitzer di Posko Siaga Corona Polres Cianjur, Rabu (18/3/2020).

Keseriusan Juang dalam pencegahan virus corona memang benar-benar langsung dirasakan masyarakat. Terbukti, sebelum menciptakan dan membagikan hand sanitizer, ia pun membentuk Corona Response Team (CRT) dan menyiapkan Posko Siaga Corona yang siap standbye 24 jam.

“Demi mencegah penyebaran virus corona dan menciptakan rasa aman bagi warga, kami siap standbye 24 jam,” tegasnya saat Konferensi Pers di Mapolres Cianjur.

Terkait hand sanitizer racikan Polres Cianjur, Juang mengimbau agar masyarakat lebih mengutamakan penggunaan sabun dan air. Pasalnya, berdasarkan informasi dari ahli-ahli kesehatan, sabun dan air lebih efektif menghilangkan beberapa jenis kuman seperti Cryptosporidium, Norovirus dan Clostridium Difficile.

“Jadi penggunaan hand sanitizer ini dilakukan jika saat sabun dan air tidak tersedia dalam situasi tertentu,” katanya.

Baca Juga  Dikecewakan Bulog, Komisi B Ancam Usulkan Pemkab Tak Beli Lagi Beras Kotor dan Berbau

Juang menjelaskan, hand sanitizer hasil racikan tim Polres Cianjur menggunakan bahan dasar alkohol dan bahan-bahan herbal. Menciptakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol dilakukan karena dapat membunuh banyak jenis kuman dengan sangat efektif ketika digunakan dengan benar.

“Semoga semua program terkait pencegahan corona ini bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh warga Cianjur,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman sangat mengapresiasi semangat dan ikhtiar yang dilakukan Kapolres Cianjur bersama timnya, dalam upaya pencegahan virus corona di Cianjur.

“Ini sangat luar biasa, Kapolres Cianjur bersama timnya sangat berperan aktif. Kami sangat bersyukur, selain Pemkab Cianjur, banyak pihak khususnya kepolisian yang turut serta mencegah penyebaran virus corona di Cianjur.

Herman menilai, program yang diluncurkan atau diinisiasi Kapolres Cianjur merupakan bukti nyata dan program pertama di Indonesia untuk di lingkungan kepolisian. “Program ini sangat sejalan bahkan bisa dikolaborasikan dengan program Pemkab Cianjur. Jika di lingkungan kepolisian, ini mungkin program pertama di Indonesia,” terangnya.

Senada dengan Kapolres, Herman juga mengimbau agar masyarakat Cianjur tidak panik walaupun tetap harus waspada terhadap penyebaran virus corona. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sambung dia, harus terus dilakukan semua warga Cianjur.

“Sekali lagi, kami sangat berterima kasih kepada Kapolres Cianjur dan timnya yang sudah kreatif, berinisiatif serta berperan aktif langsung dalam pencegahan virus corona di Cianjur. Semoga doa dan ikhtiar yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan baik,” pungkasnya.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Timeline