Mantap! Timnas Indonesia Torehkan Kemenangan Perdana Lawan Vietnam 1-0 di Piala Asia 2023

BERITACIANJUR.COM – Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan perdana di Piala Asia 2023 melawan Vietnam dengan skor 1-0 lewat tendangan Asnawi Mangkualam Bahar.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) tersebut membuka asa timnas untuk lolos ke babak 16 besar.

Jalannya Pertandingan Indonesia Vs Vietnam

Sejak laga dimulai, timnas Indonesia mengambil kendali permainan. Laga baru berlangsung 28 detik, Rafael Struick langsung memberikan ancaman lewat sebuah sepakan di dalam kotak penalti, tetapi masih bisa ditepis oleh Nguyen Filip.

Sandy Walsh hampir mencetak gol pada menit 37. Berawal dari umpan Justin Hubner, Sandy meneruskannya dengan tandukan, tetapi bola dihalau oleh Nguyen Filip.

Timnas Indonesia mendapatkan penalti pada menit 41′ setelah Rafael Struick ditarik oleh Nguyen Tanh Binh. Asnawi Mangkualam Bahar berhasil mengeksekusi tendangan 12 pas dengan baik. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, Vietnam melakukan perubahan dengan menurunkan Khuat Van Khang dan Thanh Long Le Pham. Mereka pun sempat mengontrol permainan, tetapi barisan pertahanan Skuad Garuda bermain solid malam ini.

Sementara itu, peluang kembali didapatkan oleh Indonesia lewat Hokky Caraka pada menit 70. Sayangnya, Hokky yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Nguyen Filip lebih lambat dari Bui Hoang Viet Anh yang melakukan sapuan dengan sempurna.

Pada menit 89 setelah Thanh Long Le Pham mendapatkan kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran terhadap Marselino Ferdinan. Namun, keunggulan jumlah pemain tidak bisa dimaksimalkan oleh Indonesia untuk menambah gol.

Vietnam bahkan nyaris menyamakan kedudukan di babak tambahan waktu lewat skema tendangan bebas.

Baca Juga  3Second Family Store Hadir Lengkap di Cianjur, Pelanggan Tidak Harus Pergi Jauh ke Bandung

Untungnya, Ernando Ari sigap mengamankan bola dengan melakukan penyelamatan penting sehingga bisa mempertahankan skor 1-0 untuk kemenangan skuad Garuda.

Hasil ini membuat timnas Indonesia naik ke peringkat 3 dengan tiga poin, sekaligus membuka peluang ke 16 besar. Di partai terakhir, skuad Garuda akan bertemu Jepang, Rabu (24/1/2024).

“Terima kasih kerja keras seluruh pemain, kalian sudah menunjukkan permainan yang luar biasa. Satu pertandingan grup tersisa dan tidak ada yang tidak mungkin. Kita berikan yang terbaik lawan Jepang di pertandingan selanjutnya,” ujar Ketua PSSI, Erick Thohir mengutip akun Instagramnya @erickthohir, Sabtu (20/1/2024).

Susunan pemain:

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam Bahar (Witan Sulaeman,55′), Jordi Amat (Rizky Ridho,69′), Sandy Walsh, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Justin Hubner, Egy Maulana Vikri (Adam Alis,67′); Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, Rafael Struick (Hokky Caraka,67′)

Pelatih: Shin Tae-yon

Vietnam: Nguyen Filip; Vo Minh Trong, Nguyen Thanh Binh, Pham Tuan Thai (Khuat Van Khang,46′), Bui Hoang Viet Ahn; Pham Xuan Manh (Van Thanh Vu,89′), Nguyen Tuan Ahn, Nguyen Thai Son (Thanh Long Le Pham,46′), Nguyen Quang Hai (Nguyen Van Toan,72′); Pham Tuan Hai, Nguyen Van Tung (Nguyen Van Truong,79′)

Pelatih: Philippe Troussier.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *