oleh

Pengamat: Israel Terlihat Ketakutan, Hamas Mulai Unjuk Kekuatan

BERITACIANJUR.COM – Pengamat Hukum Internasional, Hasmi Bakhtiar menilai bahwa saat ini Israel tengah ketar-ketir usai serangan misil Hamas menghantam wilayahnya.

Pernyataan tersebut disimpulkan oleh Hasmi usai menilik kanal resmi milik Israel yang menggambarkan para elit militernya ketakutan.

Hal itu diungkap Hasmi melalui unggahan di akun Twitter pribadinya pada Minggu, 16 Mei 2021.

“Pagi ini buka channel Israel terlihat ketakutan sedang melanda elites militer Israel,” tutur Hasmi.

Hasmi berpendapat Isrel sendiri tak pernah menyangka jika Hamas memiliki kekuatan sebesar itu untuk melakukan serangan balik.

“Mereka tidak pernah menyangka kekuatan Hamas akan sebesar ini. Beberapa pengamat Israel bahkan meyakini bahwa roket yang ditembakkan Hamas masih pada tahap awal,” katanya.

Dari analisisnya, saat ini kedua belah pihak, baik Israel maupun Hamas tengah berlomba-lomba untuk menunjukkan siapa yang terkuat di antara mereka.

Namun Hasmi sendiri tak mengingkari bila serangan yang dilakukan oleh Hamas kemarin merupakan agresi besar.

Hasmi Bakhtiar mencatat kalau besar serangan dari Hamas dalam empat hari ini telah melampaui serangan yang mereka luncurkan selama 51 hari pada tahun 2014 lalu.

Selain itu, Hasmi beranggapan posisi Israel semakin terdesak usai dukungan dari Amerika dan Eropa menurun.

“Dukungan Amerika dan Eropa yang menurun juga menjadi kendala bagi Israel,” ujar Hasmi.

Kini Israel disebut-sebut tengah berusaha membangun kembali kepercayaan diri masyarakat dan pasukan mereka.

Sementara, di tengah konflik Israel-Palestina yang tengah memanas, elektabilitas Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu justru menurun lantaran rumor keterlibatannya dalam kasus-kasus besar seperti dugaan korupsi.

Oleh karena itu, dikatakan Hasmi Bakhtiar bahwa saat ini masyarakat Israel lebih menunggu pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara sayap militer Hamas, Abu Ubaidah, dibandingkan Benjamin Netanyahu.

Baca Juga  Bantuan ke Palestina mendesak, BSMI Desak Perbatasan Gaza Dibuka

“Tapi rakyat Israel sudah terlanjur ketakutan, mereka lebih menunggu statement Abu Ubaidah dibanding Netanyahu,” katanya, sebagaimana dikutip dari akun twitter @hasmibakhtiar.

Disclaimer: Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiranrakyat-Bekasi.com berjudul “Nyatakan Israel Dibuat Ketakutan oleh Hamas, Pengamat: Mereka Tidak Pernah Menyangka”.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *