Peringati Bulan K3 Nasional, PLN UP3 Cianjur Gelar Inspection Day Serentak 2024

BERITACIANJUR.COM – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur menggelar kegiatan Inspection Day Serentak Bulan K3 2024 pada Jumat (2/2/2024).

Kegiatan yang dilakukan secara daring tersebut mengangkat tema bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional yakni ‘Berbudaya K3 untuk Mewujudkan Aktivitas Ketenagalistrikan yang Aman, Sehat, Selamat dan Berkelanjutan’.

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Agus Tasya, beserta segenap jajaran manajemen, tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), pasukan pelaksana pelayanan teknik (Yantek) dan pelaksana pekerjaan lainnya yang berjumlah lebih dari 50 orang mengikuti kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut.

“Kita harus bekerja dengan semangat dan pulang dengan selamat. Selain itu, kita tidak hanya fokus zero accident, tapi kita juga harus mengupayakan zero harm dan zero lost,” ujar Doddy B. Pangaribuan, Executive Vice President (EVP) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3L).

Sementara itu, Direktur Distribusi, Adi Priyanto mengingatkan bahwa K3 harus diterapkan dalam setiap kegiatan dan pekerjaan bisa dihentikan jika tidak memenuhi unsur safety seperti pekerja yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD).

“Tidak boleh bekerja sendirian karena satu orang harus berfungsi sebagai pengawas pekerjaan,” imbuhnya.

Selain itu, Adi juga berpesan agar pimpinan unit seperti Manager UP3 dan Manager ULP (Unit Pelayanan Pelanggan) melaksanakan sidak pekerjaan. Peralatan penunjang pekerjaan seperti radio komunikasi juga harus ada.

“Tidak ada alasan radio komunikasi rusak, harus segera diganti atau repeater yang rusak juga harus segera diperbaiki,” jelasnya.

Usai sambutan, kegiatan Inspection Day kali ini lalu dilanjutkan dengan safety briefing, pembacaan komitmen keselamatan dan kesehatan kerja, serta gelar peralatan pasukan PDKB, Yantek, dan pelaksana pekerjaan lainnya.

Baca Juga  Desa Center Cianjur: Penyelenggara Pilkades Harus Netral

“Gelar peralatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan kerja sudah sesuai dengan standar K3 sebagai tindakan preventif dalam mengutamakan keselamatan petugas dan pelanggan,” papar Agus.

Di lokasi lain, Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PLN UP3 Cianjur.

“Melalui kegiatan ini, semoga dapat meningkatkan kesadaran untuk selalu memperhatikan keselamatan dalam bekerja,” tutupnya.(gap/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *