Presiden Jokowi Lantik Budi Arie Setiadi Jadi Menkominfo, Berikut Profilnya

BERITACIANJUR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Pelantikan Budi sebagai Menkominfo dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik lima figur wakil menteri (wamen) yang akan mengisi Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Berikut lima wakil menteri yang dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 32/M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 tersebut:

1. Pahala Nugraha Mansury sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu)

2. Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo)

3. Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDT)

4. Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

5. Saiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama (Menag)

Selanjutnya, Presiden mengambil sumpah jabatan Menkominfo dan para wamen Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 tersebut yang dilantik pada hari ini.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan mengutip setkab.go.id, Senin (17/7/2023).

Berikut Profil Budi Arie Setiadi yang Kini Resmi Jadi Menkominfo

Mengutip Wikipedia, Budi Arie Setiadi yang karib disapa Budi Arie atau Muni lahir di Jakarta pada 20 April 1969.

Baca Juga  Waduh, Oting Dipolisikan atas Dugaan Penipuan Penjualan Tanah

Ia merupakan anak pasangan Joko Asmoro dan Pudji Astuti. Budi juga memiliki seorang istri bernama Zara Murzandina dan dikarunia 2 orang anak.

Budi tercatat sebagai politikus dari PDI Perjuangan yang sebelumnya menjabat menjadi Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia sejak 2019.

Budi Arie pernah menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010) dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Ia kemudian mendirikan PROJO, kelompok relawan darat terbesar pendukung Joko Widodo, sejak Agustus 2013.

PROJO kemudian berjuang mengumpulkan aspirasi pencapresan Jokowi sebelum dideklarasikan PDIP secara resmi, melawan arus pencapresan Megawati dengan wakil presiden Jokowi yang ramai saat itu dan akhirnya Jokowi berhasil menjadi Presiden Ketujuh Republik Indonesia.

Selain menjadi Ketua Umum PROJO, saat ini Budi Arie juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI dan juga pengusaha.(gap/bbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *