Rute Lengkap Helaran Seni dan Budaya HJC ke-346, Sabtu 19 Agustus 2023

BERITACIANJUR.COM – Helaran Seni Budaya Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-346 akan digelar Sabtu, 19 Agustus 2023.

Bagi Baraya Berita Cianjur yang belum tahu ke mana saja rutenya, berikut informasi lengkapnya.

WhatsApp Image 2023 08 13 at 17.32.09

Mengutip Instagram @disbudpar.cianjur, pada Helaran Seni Budaya Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-346, Pemkab Cianjur akan kembali menghadirkan banyak acara, salah satunya adalah penampilan Kuda Kosong.

Yups, Kuda Kosong merupakan tampilan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Cianjur. Selain menjadi iconik dari helaran, Kuda Kosong pun memiliki sarat makna sejarah budaya yang sangat kental.

Adanya Kuda Kosong ini berkaitan dengan sejarah berdirinya Kabupaten Cianjur yang pada saat itu di bawah kepemimpinan Raja Mataram dan Cianjur harus menyediakan upeti pada raja.

Akhirnya, Dalem Cianjur, RA Ariawiratudatar mengirimkan perwakilan yaitu adiknya bernama Aria Natadimanggala untuk menyerahkan upeti berupa tiga bulir padi, tiga butir pedes, dan tiga butir cabe rawit. Dari setiap upeti itu memiliki makna masing-masing.

Hebatnya, Raja Mataram bisa memahami arti upeti tersebut dan memberikan balasan berupa keris, kuda, dan pohon saparatu untuk Dalem Cianjur. Akhirnya, kuda tersebut dibawa pulang ke Cianjur dengan cara dituntun dan tidak ditungganingi, sebagai bentuk rasa hormat kepada Dalem Cianjur.

Sesampainya di Cianjur, kuda tersebut diarak keliling Kota Cianjur dan menjadi sebuah kebanggaan. Karena kuda tersebut tidak ditunggangi ketika dibawa ke Cianjur, akhirnya kuda tersebut dijuluki ‘Kuda Kosong’.

Berikut Rute Lengkap Helaran Seni dan Budaya HJC ke-346, Sabtu 19 Agustus 2023

Start Lapangan Prawatasari Joglo – Jalan Pangeran Hidayatullah – Jalan Adi Sucipta – Jalan Mangunsarkoro – Jalan Suroso – Jalan Imun Sulaiman – Finish di Gerbang Barat Alun-alun Cianjur.

Baca Juga  Dompet Dhuafa Rambah Metaverse Dalam Pengelolaan Dana ZISWAF

Itu dia informasi Rute Lengkap Helaran Seni dan Budaya HJC ke-346, Sabtu 19 Agustus 2023. Semoga bermanfaat.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *