Siap Beroperasi, Pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Telan Anggaran hingga Rp3,2 Triliun

BERITACIANJUR.COM – Pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak yang menelan anggaran hingga Rp3,2 triliun, akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Peresmian ruas tol sepanjang 11,9 kilometer tersebut dilakukan di Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat (4/8/2023).

“Alhamdulillah, Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ruas ini menelan anggaran biaya Rp3,2 triliun,” ujar Presiden dalam keterangan pers.

Presiden berharap, dengan selesainya ruas Cigombong-Cibadak ini, akses dari Jakarta menuju wilayah Sukabumi dapat ditempuh dengan lebih singkat, termasuk ke tempat-tempat wisata.

“Nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, ke Ciletuh, ke Ujung Genteng, ke Gunung Gede yang sebelumnya dari Jakarta kalau ke Sukabumi itu memakan waktu sampai 5 jam, kadang bisa sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini, hanya kurang lebih 2,5 jam,” paparnya.

Jawa Barat Duduki Ranking Pertama Investasi

Selain itu, lanjut Jokowi, keberadaan infrastruktur ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang yang akan berpengaruh terhadap peluang investasi di Jawa Barat.

“Dari survei para investor yang ada, kenapa Provinsi Jawa Barat menduduki ranking yang pertama untuk investasi, alasannya yang pertama karena jalan tol yang ada di Provinsi Jawa Barat itu yang paling banyak dibangun,” terangnya.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.(gap)

Baca Juga  Masuki Masa Transisi Pandemi, Indonesia Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *