Sikap Bung Hatta Saat Ditawari Naik Haji Pakai Fasilitas Negara

Beritacianjur.com – Kisah ini bisa menjadi sebuah suri teladan bagi para pejabat Negara di masa kini, khususnya bagi mereka yang seakan terbiasa menggunakan fasilitas Negara.

Sebuah gambaran kesederhanaan dari seorang Mohammad ‘Bung Hatta’ ketika hendak melaksanakan rukun Islam yang ke lima. 

Suatu hari di tahun 1952, Mohammad “Bung” Hatta ingin pergi haji. Sebagai wakil presiden saat itu, orang nomor dua paling berkuasa di seluruh negeri ini, tentu ia layak menggunakan fasilitas negara.

Itulah pemikiran presiden Soekarno saat ia menyediakan pesawat khusus dan semua fasilitas kenegaraan yang diperlukan untuk Bung Hatta melaksanakan rukun Islam yang ke-lima.

Soekarno berpikir Bung Hatta akan pergi secara terhormat sebagai wakil presiden untuk menunaikan ibadah haji. Tapi Perkiraan Soekarno meleset. 

Bung Hatta langsung menolak tawaran itu sebab ia berpendapat, urusan naik haji bukanlah urusan seorang pejabat negara dengan Allah, melainkan itu urusan seorang insan manusia biasa yang pergi ke Tanah Suci. Ia ingin ke Mekkah sebagai seorang Mohammad Hatta, bukan sebagai seorang wakil presiden.

Bung Hatta ingin pergi haji sebagai rakyat biasa, bukan sebagai wakil presiden. Dia menunaikan rukun Islam kelima dari hasil honorarium penerbitan beberapa bukunya.

Bung Hatta selalu hidup jujur dan sederhana sepanjang hidupnya. Mantan wakil presiden yang sampai kesulitan membayar tagihan listrik dan air di rumahnya. Hatta yang mengidamkan sepatu Bally yang tak terbeli sampai dia meninggal.

Sosok Hatta adalah inspirasi bagi Jenderal Hoegeng. Jenderal yang terkenal sangat jujur ini pun mengidolakan Hatta.

Begitu juga Ali Sadikin, gubernur legendaris DKI Jakarta. Bang Ali yang terkenal keras pun terharu melihat kesederhanaan Hatta. Bang Ali melihat uang pensiun Hatta tak cukup untuk hidup layak.

Baca Juga  Api Masih Berkobar di TPA Sarimukti, Belasan Damkar Dikerahkan, BNPB Siapkan Water Bombing

Bang Ali pula yang meminta Hatta dijadikan warga istimewa Jakarta sehingga tak perlu membayar PBB, listrik dan air. (BBS/Net)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *