Waspadai Cuaca Ekstrem, PLN UP3 Cianjur Imbau Pelanggan Gunakan Listrik dengan Aman

BERITACIANJUR.COM – PT PLN (Persero) terus mewaspadai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia selama periode Januari 2024 ini.

Mulai dari kejadian pohon tumbang, hingga banjir dan tanah longsor yang dapat mengakibatkan gangguan listrik.

Salah satunya yang terjadi di wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tanggeung, Cianjur selatan pada pekan pertama Januari 2024, tepatnya pada Rabu (3/1/2024) dan Minggu (7/1/2024) yakni kejadian adanya pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik tegangan menengah 20 kV.

“Akibatnya pasokan listrik ke pelanggan terganggu. Namun tim PLN bergerak sigap untuk menangani padam listrik yang berawal dari pohon tumbang pada saat cuaca ekstrem itu. Dalam penanganan gangguan listrik akibat pohon tumbang tersebut, kami juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Dinas Pemadam Kebakaran,” ujar Agus Tasya, Manager PLN UP3 Cianjur.

Lebih lanjut, Agus menegaskan bahwa pihaknya juga terus mengupayakan langkah-langkah preventif demi tetap menjaga keandalan pasokan listrik di wilayahnya.

“Sejauh ini, kami telah melakukan perawatan infrastruktur seperti perbaikan tiang miring yang berpotensi tumbang terutama di titik-titik lokasi yang rawan longsor. Selain itu, kami juga konsisten melaksanakan pemangkasan dahan pohon dan bahkan penebangan pohon yang rawan tumbang,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia, mengimbau pada pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk tetap waspada dan menggunakan listrik dengan aman pada kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

“Pertama, pastikan instalasi listrik di rumah dalam kondisi baik dan aman. Selanjutnya, jika menemukan potensi yang dapat mengganggu suplai listrik, seperti angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang atau air banjir yang semakin meninggi dan bisa merendam gardu listrik, masyarakat bisa melaporkannya melalui PLN Mobile,” ujarnya.

Baca Juga  Saat Warga Resah Takut Banjir Lagi, Plt Bupati Cianjur Lagi Asyik di Bali

“Adapun aplikasi PLN Mobile tersebut dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store pada gadget milik pelanggan,” tambahnya.(gap/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *