13 Orang Pendaki Gunung Gede yang Sempat Hilang Akhirnya Ditemukan di Kawasan Pasirpogor Bogor

BERITACIANJUR.COM – 13 orang pendaki yang sempat dikabarkan hilang di Gunung Gede Pangrango, akhirnya berhasil ditemukan petugas di kawasan Pasirpogor, Cibedug, Bogor, Senin (29/1/2024).

Para pendaki yang naik untuk berziarah itu ditemukan selamat, namun dua di antaranya dalam kondisi terkilir, sehingga harus dibantu pendaki lain.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Sapto Aji mengatakan, setelah dilakukan pencarian para pendaki itu ditemukan dalam perjalanan turun di kawasan Pasirpogor.

“Sudah ditemukan seluruhnya oleh petugas di kawasan Pasirpogor, Cibedug, Bogor,” ujarnya, Senin (29/1/2024).

Menurutnya, para pendaki tersebut dalam keadaan kelelahan setelah hampir tiga hari berada di kawasan Gunung Gede Pangrango.

“Semuanya selamat, tapi kelelahan. Ada juga dua orang yang terkilir. Mungkin akibat lompat atau tersandung saat naik,” ungkapnya.

Ia menuturkan, 13 orang tersebut bukan mendaki, melainkan berziarah ke patilasan di Kulah Dua di kawasan Gunung Pangrango.

“Jadi mereka ini peziarah. Bukan pendaki,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, saat mendaki gunung, mereka terbagi dalam dua kelompok. Namun saat turun mereka kembali bersama dalam satu kelompok.

“Ada dua yang terkilir, mereka tidak meneruskan perjalanan ditemani satu orang lainnya. Untuk yang 10 orang lanjut ke Kulan Dua. Tapi waktu turun berbarengan. Makanya ditemukannya langsung semuanya. Tetapi mungkin lupa jalur turun, makanya mereka turun malah lewat Pasirpogor,” ungkapnya.

Saat ini, 13 peziarah itu langsung dievakuasi Kantor Resort Tapos bersama tim SAR.

“Kita akan mintai keterangan lebih lanjut kepada mereka. Terlebih terkait aktivitas mereka yang dilakukan saat penutupan pendakian dan aktivitas lainnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 13 orang dikabarkan hilang di Gunung Gede Pangrango pada Sabtu (27/1/2024) melalui jalur pendakian tidak resmi via Cibedug Bogor.(gap)

Baca Juga  Kemensetneg dan Setkab Buka Seleksi Calon PPPK 2023, Ada 90 Formasi yang Bisa Kamu Lamar, Cek Sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *