oleh

492 Pejabat Pemkab Cianjur Dilantik, Ada Peran Ibang?

BERITACIANJUR.COM – SEBANYAK 492 pejabat di lingkungan Pemkab Cianjur resmi dilantik di SD Gintung Mangunkerta Cugenang Cianjur, Jumat (13/5/2022). Dari 492 orang, 50 pejabat dilantik di lokasi dan sisanya dilakukan secara online.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumder Daya Manusia (BKPSDM) Cianjur, Dadan Ginanjar menjelaskan, 492 orang yang dilantik tersebut terdiri dari kepala SMP 29 orang, kepala SD 381 orang, struktural 72 orang, kepala PKM 6 orang serta jabatan fungsional penyetaraan 4 orang.

Sebelum perhelatan pelantikan dimulai, muncul kabar mengejutkan yang menyebutkan bahwa dalam pelantikan tersebut, sejumlah pejabat yang akan dilantik terutama mereka yang naik jabatan, dikabarkan harus menghadap seorang honorer yang bertugas menjadi sekretaris Bupati Cianjur, Muhamad Solih alias Ibang terlebih dahulu. Benarkah?

Tak hanya soal dugaan adanya peran Ibang dalam pengaturan pelantikan sejumlah pejabat, dalam pelantikan tersebut juga terdapat kejanggalan, yakni ada pejabat yang baru dimutasi 5 bulan lalu, kini dilantik dan ditempatkan di tempat semula. Apa perencanaan mutasinya tidak matang?

Menanggapi hal tersebut, Dadan langsung membantahnya. Menurutnya, meski dikabarkan adanya pengakuan dari sejumlah pejabat, kabar adanya peran Ibang dalam mengaturan mutasi pejabat tidak benar.

“Itu tidak benar. Nah, kalau soal yang baru dilantik 5 bulan lalu dan sekarang dipindah lagi, itu hasil evaluasi dan penataan kelembagaan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik, Cianjur Riset Center (CRC), Anton Ramadhan menegaskan, bantahan Kepala BKPSDM tidak serta merta membuktikan fakta yang sebenarnya. Dikarenakan dugaan pengaruh kuat dan peranan Ibang dalam setiap pengambilan kebijakan sudah kuat, sambung Anton, maka wajib diusut tuntas.

“Kalau benar kabar tersebut muncul dari pengakuan sejumlah pejabat, kita jadi ga bisa percaya begitu saja terhadap bantahan Kepala BKPSDM. Makanya, persoalan ini harus diusut tuntas,” pungkasnya.(gie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.