oleh

Ada Informasi Potensi Tsunami di Sepanjang Pantai Selatan, Ini yang Dilakukan BPBD Cianjur

Beritacianjur.com – ADANYA survey dari tim riset Institut Teknologi Bandung (ITB) tentang adanya potensi terjadinya bencana alam tsunami setinggi 20 meter di sepanjang pantai selatan Jawa Barat pada Oktober 2020 hingga April 2021, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur melakukan langkah-langkah antisipasi memasuki musim hujan.

Kepala BPBD, Dedi Supriadi mengatakan, pihaknya akan mengkaji lagi terhadap informasi potensi bencana yang akan terjadi di sepanjang pantai selatan Jawa Barat tersebut. “Supaya lebih jelas, kita akan berkoordinasi dengan pusat terhadap informasi ini,” ujarnya melalui telepon seluler kemarin (25/9/2020).

Dedi mengaku Cianjur sudah memiliki dua alat deteksi tsunami. Namun kini kondisinya rusak dikarenakan sudah lama tidak dipergunakan. Alhasil diperlukan adanya perbaikan dari pusat.

“Dulu sudah dipasang dua alat deteksi tsunami dan sekarang sudah tidak berfungsi. Karena alat ini masih aset pusat, jadi tidak bisa diperbaiki oleh pemda,” katanya.

Sementara ini, titik yang berpotensi terdampak bencana penaikan ombak di pantai selatan belum bisa ditentukan. “Karena hal itu harus memakai alat untuk mendeteksinya, sedangkan alat yang ada di Cianjur mengalami kerusakan,” pungkasnya.(dra)

Baca Juga  Ini Ancaman Pidana bagi Kadis PUPR Cianjur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Timeline