Aminah Cendrakasih Tutup Usia, Rano Karno Ungkap Rasa Duka Mendalam

BERITACIANJUR.COM – Dunia hiburan berduka, aktris senior Aminah Cendrakasih, pemeran ‘Mak Nyak’ dalam serial Si Doel Anak Sekolahan dikabarkan telah tutup usia.

Kabar tersebut diinformasikan langsung melalui akun Instagram resmi Si Doel Anak Sekolahan pada Rabu (21/12/2022) malam.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00 Wib. Semoga almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah Swt. Aamiin Yra. Alfatihah,” tulis akun tersebut, dikutip Kamis (22/12/2022).

Rano Karno, pemeran ‘Si Doel’ melalui akun Instagramnya @si.rano menyampaikan duka mendalam atas kepergian Aminah Cendrakasih.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah meninggal dunia ibunda tercinta ibu Aminah Cendrakasih. Kita berdoa pada Allah, mudah-mudahan almarhumah diberikan kelapangan dan diterima di sisinya. Abang mohon maaf apabila semasa hidup almarhumah ada kesalahan, mohon dimaafkan,” ujar Rano Karno.

“Terima kasih pada teman-teman yang sudah mendoakan dan mengantar ‘Mak Nyak’. Doa kami semua untuk ibu kami tercinta. Al-fatihah,” tulisnya lagi.

Sebelum meninggal dunia, Aminah Cendrakasih menderita penyakit kelumpuhan dan glukoma di masa tuanya. Mak Nyak pun hanya bisa terbaring di tempat tidur hingga akhirnya tutup usia.

Aminah Cendrakasih menikah dengan Idris dan dikaruniai enam anak. Mereka adalah Latifa Dzanah, A.K. Hadi Permana, Ade Purbasari, Imam Adzhari Permana, Mila Permana Sari, dan Arief Iskandar.

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Putri pasangan pelawak Husni Nagib dan aktris Wolly Sutinah ini sudah akrab dengan dunia hiburan sejak remaja.

Aminah muda sudah terjun di panggung sandiwara hingga membintangi film ‘Oh, Ibuku’ produksi Garuda Film dan Semeru Film pada 1955.

Ia juga membintangi film Serampang 12 (1956) dan Asrama Dara (1958) bersama dengan Nun Zairina yang membuat namanya mulai melejit.

Baca Juga  Jangan Lewatkan! Indonesia All Star Vs Red Sparks Malam Ini

Sejak 1955 hingga 1989, karir Aminah Cendrakasih terus menanjak dan sudah membintangi sekitar 101 film, baik sebagai pemeran pembantu maupun pemeran utama.

Namun, puncak kesuksesan Aminah Cendrakasih ialah saat ia tampil membintangi serial televisi bertajuk Si Doel Anak Sekolahan yang sudah beberapa kali diangkat ke layar lebar.(gap)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *