Api Masih Berkobar di TPA Sarimukti, Belasan Damkar Dikerahkan, BNPB Siapkan Water Bombing

BERITACIANJUR.COM – Upaya pemadaman kebakaran di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih terus dilakukan. Berbagai pihak turut bahu-membahu memberikan bantuan.

Namun hingga hari ini, Kamis (24/8/2023) api masih berkobar dan belum berhasil dipadamkan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, Tim Forkopimda Pemprov Jabar dan KBB sudah di lapangan untuk memadamkan api hingga melibatkan belasan truk Damkar.

“Sampai hari ini, karena situasi yang komplek (api dari gas metana bawah permukaan dan musim kemarau) belum sepenuhnya bisa dikendalikan. Mohon doanya, kami terus berupaya,” ujar Ridwan Kamil dalam unggahan akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Kamis (24/8/2023).

“Sebagai upaya tambahan, Tim BNPB sedang menyiapkan water bombing melalui helikopter dan BMKG sedang melakukan rekayasa cuaca agar terjadi hujan,” tambahnya.

Untuk sementara waktu, lanjutnya, sampah di perkotaan tengah dicarikan lokasi pembuangan sementara di sekitar lokasi TPA Sarimukti.

“Mohon kerja sama warga untuk mengurangi dan mulai mengelola sampah sendiri secara mandiri sambil menunggu masalah ini diselesaikan. Terima kasih atas kerja sama dan pengertiannya. Mohon doa agar situasi ini kembali normal,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Plt Bupati KBB, Hengky Kurniawan menetapkan kebakaran di TPA Sarimukti berstatus darurat bencana.

Ia bahkan meminta bantuan pemerintah pusat untuk memadamkan kebakaran yang masih berkobar, meskipun sudah dibantu tim pemadam dari provinsi dan Cianjur.

“Saya sudah langsung telepon Pak Gubernur dan kami sudah bicara untuk menetapkan status darurat bencana. Kami juga meminta bantuan pada pemerintah pusat, perlu bom-bom air dari atas helikopter. Karena Damkar KBB, Damkar Provinsi, dan juga Damkar Cianjur sampai hari ini belum berhasil memadamkan api, jadi ini perlu bantuan dari pusat,” ujar Henky dalam akun Instagram pribadinya @hengkykurniawan, Rabu (23/8/2023).

Dalam caption unggahannya, Hengky juga memohon doa agar kebakaran segera padam dan mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, terutama di musim kemarau seperti saat ini.

“Bapak dan ibu mohon doanya untuk kebakaran di TPA Sarimukti Kecamatan Cipatat segera padam. Menurut informasi yang kami dapatkan, (kebakaran) karena puntung rokok. Mohon kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan apalagi di musim kemarau saat ini,” jelas Hengky.

“Semoga hujan juga turun agar bisa mengatasi kekeringan di beberapa wilayah di Bandung Barat maupun di Jawa Barat,”¬†tambahnya.(gap)

Baca Juga  Rawan Bencana Susulan, 27 Rumah di Cidaun dan 5 Rumah di Sindangbarang Akan Direlokasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *