‘Batagor’ Khas Bapenda Cianjur, Bikin Maksimal Capaian Pendapatan Pajak Daerah

BERITACIANJUR.COM – GUNA memaksimalkan pencapaian pendapatan daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Cianjur berinovasi menciptakan sebuah aplikasi Bapenda Tanggap Lapor (Batagor).

Kepala Bapenda Cianjur, Komarudin menerangkan, Batagor merupakan aplikasi untuk melakukan pendataan awal potensi pajak daerah yang ada di Cianjur, di mana seluruh pegawai Bapenda Cianjur memilik tugas menyampaikan potensi pajak daerah dengan cara mengisi form yang berisi nama objek pajak, alamat, dan jenis objek pajak berikut foto objek pajak.

“Ini melibatkan seluruh pegawai. Tak hanya jam kerja, namun juga bisa dilakukan pegawai saat mereka liburan bersama keluarganya. Jika melihat cukup melapor dan mengirim foto. Lalu nanti admin Batagor akan memverifikasi data wajib pajak yang sudah terdaftar. Objek pajak yang belum terdaftar akan ditindaklanjuti dengan pendataan dan pendaftaran,” ujarnya, Jumat (28/10/2022).

Ia menyebutkan, Batagor merupakan khas inovasi Bapenda Cianjur dan satu-satunya di Indonesia. Meski baru berjalan selama satu tahun dan belum launching, namun ‘khasiatnya’ sudah sangat terasa. Sejak ada Batagor, peningkatan pendapatannya sangat drastis.

“Belum launching saja sudah membuat peningkatan pendapatan yang cukup signifikan. Salah satunya terlihat dari pajak reklame. Sebelum ada Batagor, target pendapatan pajak reklame terkejar mepet di akhir tahun. Namun setelah ada Batagor, sebelum akhir tahun pun pencapaiannya sudah sebesar 95%. Dari target 2022 sebesar Rp5,3 M, sekarang sudah tercapai Rp5,1 M,” ungkapnya.

Sebenarnya, sambung dia, konsep besar Batagor nantinya akan disebar ke masyarakat dan bukan hanya pegawai Bapenda saja. Sesuai dengan tagline ‘Pajakmu untuk Kabupaten Cianjurmu’, Batagor ini pun melibatkan warga dan hasilnya pun untuk pembanguan Cianjur.

“Belum launching karena hingga saat ini kami masih melakukan pengembangan. Tapi Alhamdulillah, hasilnya sangat signifikan,” tutupnya.(gie)

Baca Juga  Jelang Pelaksanaan Porda 2021, Ketua Koni : Optimis Hasilkan Atlit Terbaik di Semua Cabor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.