Dari Desa Blank Spot, Diskominfo Segera Sulap Mekarmulya Jadi Desa Digital

BERITACIANJUR.COM – KABAR baik bagi warga Desa Mekarmulya, Cikalongkulon, Cianjur. Betapa tidak, berawal dari desa blank spot, tahun ini Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Cianjur akan menjadikan Mekarmulya menjadi desa digital. Benarkah?

Ya, hal tersebut disampaikan langsung Kepala Bidang Aplikasi dan Informatikan Diskominfos Cianjur, Benny Nassa, saat ditemui beritacianjur.com, belum lama ini.

Benny menegaskan, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak desa terkait penyediaan lahan untuk pembangunan tower.

“InsyaAllah tahun ini terealisasi. Saat ini kami berkoordinasi untuk penyediaan lahan, setelah ada baru dibangun tower dan disalurkan bandwidth internetnya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Diskominfo Cianjur gencar menjalankan program pengentasan desa blank spot di Cianjur. Sejumlah desa akan diubah menjadi desa digital.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatikan Diskominfos Cianjur, Benny Nassa mengatakan, program tersebut dalam rangka mendukung program “Cianjur Caang Informasi” yang diusung Bupati Cianjur, Herman Suherman.

“Tak hanya itu, program tersebut juga sejalan dengan program Gubernur Jawa Barat yakni program Desa Digital,” ujarnya kepada beritacianjur.com belum lama ini.

Benny menegaskan, desa-desa di Kecamatan Cikadu menjadi prioritas program Cianjur Caang Informasi, dikarenakan hampir semua desanya masuk ke dalam desa blank spot.

“Mei lalu kami kunjungan kerja ke Cikadu. Di sana kami menyosialisasikan tentang Desa Digital, yang di mana merupakan kecamatan yang pertama karena melanjuti dan mengevaluasi dari program desa digital yang telah dilaksanakan pada 2021,” terangnya.

Selain melakukan pembinaan, lanjut dia, Diskominfo Cianjur juga memberikan layayanan WiFi gratis serta penanganan desa balnkspot berupa tower di Kecamatan Cikadu.

Benny menegaskan, saat ini jaringan menjadi sarana penting bagi kecamatan dan desa dalam mempublikasikan capaian kinerja di media sosial dan lain-lain, termasuk memudahkan surat menyurat memalui Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Baca Juga  Pasokan Oksigen Menurun, Panen Ikan di Jangari jadi Anjlok

“Tak hanya Cikadu, desa-desa lain yang masih blankspot akan kita bantu. Intinya, kita akan menyediakan internet baik untuk masyarakat maupun untuk perangkat daerah,” tutupnya.(ziz/gie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *