Disnakertrans Cianjur Gelar Job Fair 5-6 Juli 2023 di Lapang Prawatasari Joglo, Ini yang Harus Kamu Siapkan

BERITACIANJUR.COM – Kabar gembira bagi para pencari kerja nih! Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Cianjur akan menggelar Job Fair pada 5-6 Juli 2023.

Job Fair Disnakertrans Cianjur rencananya akan digelar di Lapang Prawatasari Joglo Cianjur. Jadi, mulai lengkapi persyaratan dan surat lamaran kerja terbaikmu untuk melamar pekerjaan di salah satu perusahaan yang ada.

Jika kamu baru pertama kali ikut job fair, maka ada beberapa hal wajib yang harus kamu ketahui.

Berikut 6 Hal yang Harus Dibawa Saat Mengikuti Job Fair:

1. Surat Lamaran Kerja

Pastikan kamu membuat surat lamaran kerja dan membawa beberapa salinan, karena akan ada banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja. Pastikan juga filenya adalah adalah yang terbaru di tanggal itu.

Pastikan domisili benar dan kerapihan penulisan sudah tepat. Baik ejaan, tanda baca, dan kesesuaian kalimat. Sehingga dapat menarik minat perusahaan.

2. CV dan Resume Terupdate

Selain surat lamaran, hal yang tak kalah penting adalah Curriculum Vitae (CV) dan resume terupdate.

Pastikan kegiatan terakhir yang kamu ikuti berkaitan dengan karirmu sudah tercantum di CV dan resume yang sesuai.

Misalnya, kamu akan melamar menjadi content writer, maka kamu akan memberikan CV berisi proyek kepenulisan.

3. Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah merupakan file yang menunjukkan bahwa kamu telah menyelesaikan sebuah studi.

Sedangkan transkrip nilai akan menunjukkan prestasi nilaimu di sekolah dan menjadi pertimbangan perusahaan untuk merekrutmu sesuai posisi yang mereka butuhkan.

Bila ijazah belum keluar, maka biasanya sekolah akan mengeluarkan Surat Keterangan Lulus (SKL) dan kamu tetap bisa melampirkannya pada surat lamaran kerja.

4. Identitas Diri dan Foto

Pastikan kamu memiliki KTP dan legal untuk bisa bekerja dengan minimal usia 17 tahun.

Baca Juga  Ahmad Fikri Resmi Jadi Ketua PWI Cianjur

Karena, jika kamu masih berusia 16 tahun tapi sudah lulus sekolah, maka kamu tidak bisa melamar pekerjaan. Hal tersebut tercantum dalam UU Ketenagakerjaan.

Pastikan kamu memiliki fotokopi KTP yang cukup untuk melengkapi surat lamaran kerjamu. Jika kamu memiliki kendaraan, ada baiknya kamu juga melampirkan SIM sebagai pelengkap.

Selain itu, pastikan juga foto berbagai ukuran sudah kamu siapkan sesuai kebutuhan dan banyaknya perusahaan yang akan kamu kunjungi.

5. Sertifikat Penunjang

Sertifikat penunjang merupakan file yang berisikan keterangan seseorang telah mengikuti kompetensi atau prestasi dalam keahlian tertentu.

Tentunya sertifikat tersebut sesuai dengan keahlian dan bidang yang dipelajari di sekolah maupun kampus. Sehingga perusahaan dapat menjadikannya pertimbangan karena melihatmu sebagai pribadi yang aktif dan produktif.

6. Kelengkapan Lamaran

Kelengkapan lamaran terdiri lampiran yang menunjang persyaratan lamaran, terdiri dari:

a. Surat Keterangan Sehat dari dokter/puskesmas/klinik kesehatan terdekat.

b. Surat Keterangan bebas narkoba yang bisa kamu dapatkan dari fasilitas kesehatan, kantor polisi, atau dari Kantor BNN setempat.

c. Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari kantor kepolisian.

d. Kartu AK1 atau Kartu Pencari Kerja atau Kartu Kuning bisa didapatkan dari Kantor Disnakertrans setempat.

Selain 6 Hal yang Harus Dibawa, Berikut 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mengikuti Job Fair:

1. Mengetahui Tempat Job Fair

Pastikan dirimu mengikuti job fair dengan penuh persiapan, termasuk lokasi Job Fair berlangsung. Sehingga kamu bisa datang lebih awal dan tidak terlambat.

Karena dipastikan akan ada banyak pencari kerja lainnya, sehingga kamu bisa menyiapkan dirimu lebih awal. Mulai dari bangun tidur, rute perjalanan, dan kemungkinan lainnya yang belum sempat kamu siapkan.

Jika lokasi job fair belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, ada baiknya kamu melakukan survey lokasi dan melihat lokasi dari Google Maps.

Baca Juga  Surat Terbuka dari Keluarga Pasien yang Dicovidkan RSDH Belum Ditanggapi Bupati

2. Kesehatan Badan dan Mental

Mengikuti job fair akan lumayan menguras tenaga. Karena akan bertemu banyak orang dan adanya antrean di lokasi, sehingga persiapan badan dan mental tentu sangat dibutuhkan.

Pastikan kamu datang ke tempat job fair dengan kondisi tenang, mawas diri, santai, dan rileks. Dengan kondisi ini, jika kamu menemukan kondisi yang sulit, kamu akan tetap bisa menyelesaikannya dengan baik.

3. Membawa Makanan dan Minuman

Mengikuti job fair memiliki perjuangan tersendiri. Maka dari itu, pastikan kamu membawa amunisi makanan dan minuman yang cukup selama job fair berlangsung.

Namun makanan dan minuman yang kamu bawa harus praktis, agar memudahkanmu saat memakan/meminumnya. Jangan lupa juga sarapan di rumah sebelum berangkat, agar harimu menjadi lebih semangat.

4. Outfit yang Tepat

Gunakan pakaian yang sesuai untuk melamar pekerjaan. Memakai kemeja dan bawahan berbahan kain adalah pilihan yang tepat. Pastikan menggunakan warna yang tidak mencolok dan tetap sopan.

Gunakan juga sepatu yang nyaman dan tidak berlebihan. Hal tersebut untuk meminimalisir antrean yang akan terjadi di lokasi job fair. Maka kakimu harus memiliki penopang yang baik, kuat, dan nyaman.

Bagi perempuan, gunakan riasan yang sederhana dan tidak terlalu berlebihan. Pastikan tetap fresh dan rapih meskipun sudah mengantre panjang.

5. Uang yang Cukup

Selain untuk ongkos kendaraan ataupun bensin, uang bisa kamu belikan untuk keperluan lamaran yang belum kamu siapkan atau hal-hal yang tidak terduga.

Itu dia hal-hal yang wajib kamu bawa dan persiapkan sebelum mengikuti job fair. Selalu semangat dan semoga beruntung ya, Sobat Berita Cianjur.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *