Duh, Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Cianjur Tempati Peringkat Kedua Terendah di Jawa Barat 

BERITACIANJUR.COM – Fakta mengejutkan di momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) terungkap. Saat ini, Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Kabupaten Cianjur menempati peringkat kedua terendah di Jawa Barat.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), RLS Cianjur pada 2022 berada di angka 7,20 tahun dan di 2023 naik di angka 7,22 tahun.

Pada 2022, Cianjur berada di peringkat 25 dari 28 kabupaten/kota di Jawa Barat. Cianjur berada di atas Kabupaten Sukabumi yang angkanya 7,11 tahun dan Indramayu yang hanya 6,83 tahun.

Sementara pada 2023, RLS Cianjur naik menjadi 7,22 tahun. Tetapi peringkat Cianjur turun, menjadi posisi 26 disalip Kabupaten Sukabumi yang RLSnya naik menjadi 7,33 tahun. Sedangkan Indramayu tetap di peringkat terakhir dengan RLS 6,92 tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur Ruhli mengatakan, pihaknya menargetkan di tahun ini RLS dan peringkat di Jawa Barat bisa naik lebih tinggi, bahkan menyalip daerah lain.

“Angka rata-rata sekolah Cianjur memang masih berada di peringkat bawah di Jawa Barat. Tapi ada kenaikan secara angka meskipun dari 2022 ke 2023 kenaikannya baru 0,02,” ujar Ruhli, Kamis (2/5/2024).

“Kita targetkan bisa naik minimal 0,1 tidak lagi 0,02 seperti tahun lalu. Dengan dorongan dari semua pihak diharapkan target tersebut bisa tercapai,” tambahnya.

Terpisah, Bupati Cianjur, Herman Suherman menuturkan, angka RLS Cianjur memang masih setara dengan kelas 7 SMP.

“RLS kita setara SMP kelas 7 mau ke kelas 8. Bahkan untuk angka harapan sekolah baru setingkat SMA,” ucap Herman.

Namun, lanjutnya, Pemkab Cianjur akan berusaha untuk menaikan angka partisipasi sekolah dan rata-rata lama sekolah.

“Tapi hasilnya memang tidak instan, baru beberapa tahun ke depan terlihat hasilnya. Berbeda dengan indeks kesehatan ataupun ekonomi. Kita tetap upayakan RLS naik sebagai indikator IPM, bahkan tidak hanya digenjot sampai SMA tetapi kita tengah tingkatkan partisipasi pendidikan hingga jenjang perkuliahan,” ungkap Herman.

Baca Juga  2 Mantan Kades Sudah Jadi Tersangka, Kapan Dugaan Korupsi APBD yang Diduga Kuat Libatkan Plt Bupati Cianjur Diusut?

“Momen Hardiknas hari ini juga kita akan jadikan momen untuk menggenjot pendidikan di Kota Santri ini,” tandas Herman.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *