Gantikan Ridwan Kamil, Ini Profil Bey Machmudin yang Resmi Jadi Pj Gubernur Jawa Barat

BERITACIANJUR.COM – Bey Machmudin kini resmi menjabat sebagai Pj Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil yang telah purna tugas pada Selasa, 5 September 2023.

Penetapan Bey Machmudin tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden Jokowi Nomor 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pejabat Gubernur dan dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Menanggapi terpilihnya Bey Machmudin sebagai penggantinya, Ridwan Kamil mengungkapkan rasa syukur karena penetapannya sesuai dengan aspirasi masyarakat.

“Berarti Pak Presiden mendengarkan aspirasi masyarakat. Aspirasinya kan datang dari usulan dewan (DPRD Jabar),” ujar Ridwan Kamil mengutip laman jabarprov.go.id.

DPRD Jabar sebelumnya mengusulkan tiga nama Penjabat Gubernur Jabar untuk menggantikan Ridwan Kamil.

Tiga nama yang diusulkan adalah Asep N. Mulyana (Dirjen Perundang-undangan Kemenkumham), Keri Lestari (Dirut Institut Pembangunan Unpad), dan Bey Triadi Machmudin (Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden).

“Alhamdulillah, yang diputuskan Presiden tidak keluar dari tiga nama yang diusulkan Dewan. Ini menandakan Pak Jokowi sangat bijak menampung aspirasi masyarakat Jabar,” jelasnya.

Ia menyebut, saat ini Jabar dalam kondisi baik di berbagai sektor. Artinya, penggantinya nanti tinggal melanjutkan saja tanpa perlu mengubah banyak hal kecuali ada gagasan baru.

“Jabar sedang dalam kondisi sangat baik tinggal digas saja, jangan mengubah banyak hal kecuali ada gagasan baru,” tuturnya.

Dari sisi birokrasi, Ridwan Kamil mengatakan, bahwa ASN dan sistem birokrasi Pemda Provinsi Jabar saat ini merupakan yang terbaik di Indonesia.

Ia optimistis bila prestasi Jabar bisa terus dipertahankan, maka Jabar akan tetap juara, termasuk mempertahankan kondusivitas tahun politik 2024.

“Yakin kalau dipertahankan akan membawa Jabar tetap juara dan mudah-mudahan 2024 terus kondusif,” ucapnya.

Baca Juga  Pasokan Oksigen Menurun, Panen Ikan di Jangari jadi Anjlok

Pesan Ridwan Kamil untuk Bey Machmudin

Ada beberapa catatan yang dititipkan Ridwan Kamil kepada Bey Machmudin, di antaranya penguatan transportasi publik dan pengaspalan jalan yang sudah dianggarkan sampai akhir tahun 2024.

“PR-nya penguatan transportasi publik dan saya titip pengaspalan jalan yang sudah kami anggarkan semaksimal mungkin sehingga akhir 2024 infrastruktur harus sudah lebih baik. Selamat kepada Pak Bey,” ungkapnya.

Lalu, Siapakah Bey Machmudin? Berikut profil lengkapnya yang berhasil Berita Cianjur rangkum dari berbagai sumber.

Profil Bey Machmudin

Bey Machmudin memiliki nama lengkap Bey Triadi Machmudin dan lahir pada 15 April 1970 (53 tahun) di Cirebon, Jawa Barat.

Ia meraih gelar Sarjana Ekonomi di UNIKA Parahyangan dan gelar magister jurusan Teknik di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Pada 2015, Bey pernah bekerja sebagai Asisten Deputi Dokumentasi dan Diseminasi Informasi di Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pada 2019-2020, Bey juga pernah menduduki posisi prestisius di BUMN yakni menjadi Komisaris PT Pertamina Patra Niaga dan juga sempat menduduki jabatan sebagai Komisioner PT Kilang Pertamina Internasional (anak perusahaan PT Pertamina).

Pada 2021, ia dilantik menjadi Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

Dan pada 2023, Bey ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Pj Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil.

Harta Kekayaan Bey Machmudin

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 15 Maret 2023, Bey Machmudin tercatat memiliki Rp9,47 miliar yang terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp5,60 miliar.

Harta tanah tersebut tersebar di beberapa wilayah, seperti Bogor dan Tanggerang Selatan. Adapun tanah tersebut berasal dari usaha sendiri dan hibah.

Bey juga melaporkan kepemilikan alat transportasi dan mesin senilai Rp563 juta yang terdiri dari Vespa Scooter Rp18 juta, mobil Honda BRV Rp180 juta, motor Yamaha Rp40 juta, motor berapa super Rp15 juta, dan mobil Honda City Rp275 juta.

Baca Juga  Upacara HJC ke-346, Bupati Cianjur Sambutan dengan Bahasa Sunda hingga Lepas 346 Ekor Burung Merpati

Bey juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp135 juta dan kas atau setara kas sebesar Rp4,2 miliar. Sedangkan dari sisi hutang, Bey tercatat memiliki utang sebesar Rp1,02 miliar.

Itu dia Informasi Profil Bey Machmudin yang Resmi Jadi Pj Gubernur Jawa Barat. Semoga bermanfaat.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *