Gelar Upacara Hari Santri Nasional 2023, Herman Suherman: Santri Jadi Motor Penggerak Kemajuan Bangsa

BERITACIANJUR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggelar upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Halaman Pendopo Cianjur, Minggu (22/10/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral dalam masyarkat

“Santri adalah pilar agama dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa. Mari kita bersatu, terus berjuang, dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini,” ujar Herman saat membacakan amanat Menteri Agama RI dalam Peringatan Hari Santri 2023 Tingkat Kabupaten Cianjur.

Untuk mewujudkannya, lanjut Herman, dengan cara menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi bagi masyarakat dan negara.

“Mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan peperangan melawan kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan. Bersama-sama kita menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan,” terang Herman.

Ia juga menuturkan, semangat jihad para santri dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan patut kita teladani.

“Hari santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri. Sebagai generasi penerus kita harus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum,” ungkapnya.

Herman menerangkan bahwa santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan.

“Sebagai santri kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama saja, tetapi tanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku,” tutup¬†Herman.(gap)

Baca Juga  Kisah Inspiratif di Pos Layanan Gizi LKC DD, Sang Ibu Stres, Bayi Tetap Lancar Susui ASI Berkat Peran Sang Ayah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *