Gempa Bumi Guncang Cianjur 2 Kali pada Kamis, 7 Desember 2023 Sore

BERITACIANJUR.COM – Gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Cianjur sebanyak 2 kali pada Kamis, 7 Desember 2023 sore.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, gempa pertama terjadi pada jam 16.59 Wib dengan kekuatan magnitudo 2,8.

Episenter terletak pada koordinat 6,85 LS dan 107,08 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 km BaratDaya Cianjur pada kedalaman 5 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tanggerang, Hartanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/12/2023).

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Kota Cianjur, Cugenang, Cipanas, Pacet dengan skala intensitas III MMI. Namun hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan akibat gempa.

Sementara gempa bumi kedua terjadi pada pada jam 17.53 dengan kekuatan magnitudo 2,9.

Lokasi gempa terletak di 6,82 LS-107,10 BT (4 kilometer BaratLaut Kabupaten Cianjur) dengan kedalaman 8 km.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tegas Hartanto.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi yang sudah resmi terverifikasi,”¬†tutupnya.(gap)

Baca Juga  Upacara HJC ke-346, Bupati Cianjur Sambutan dengan Bahasa Sunda hingga Lepas 346 Ekor Burung Merpati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *