Gempa ‘Goyang’ Cianjur pada Sabtu Dini Hari 3 Kali Berturut-turut

BERITACIANJUR.COM – Gempa bumi tektonik kembali ‘menggoyang’ Cianjur pada Sabtu, 17 Juni 2023 dini hari sebanyak tiga kali berturut-turut.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa pertama dengan kekuatan 2,5 magnitudo terjadi pada jam 01.24 Wib di lokasi 6.77 LS – 107.10 BT (7 kilometer Barat Laut Cianjur) di kedalaman 7 kilometer.

Gempa kedua dengan kekuatan 2,1 magnitudo terjadi pada jam 02.36 Wib di lokasi 6.80 LS – 107.08 BT (6 kilometer Barat Laut Cianjur) di kedalaman 7 kilometer.

Lalu gempa ketiga dengan kekuatan 1,6 magnitudo terjadi pada 02.38 Wib di lokasi 6.97 LS – 107.08 BT (17 kilometer Barat Daya Cianjur) di kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tanggerang, Hartanto mengutip akun Instagram BMKG.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Karangtengah dengan skala intensitas II MMI. Namun, hingga kini belum ada laporan terkait kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” tutup Hartanto.(gap)

Baca Juga  Hari Ke-5 Penanganan Gempa Cianjur, Jumlah Meninggal 310 Orang, 17 Jenazah Ditemukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *