Heboh! 5 Siswa SD di Cianjur Konsumsi Obat Terlarang Jenis Tramadol

BERITACIANJUR.COM – Video 5 orang siswa Sekolah Dasar (SD) mengonsumsi obat terlarang jenis Tramadol viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 1 menit 45 detik itu, menunjukkan, seorang guru tengah meminta keterangan pada 5 siswa dari mana mereka mendapatkan obat terlarang tersebut.

Salah satu siswa pun mengatakan, bahwa mereka membeli tramadol dari seseorang. Mereka juga menyebut, masih banyak siswa lainnya yang juga turut mengonsumsi obat keras tersebut.

Setelah ditelusuri, diduga kuat kejadian tersebut terjadi di SDN Karangtengah. Bahkan, berdasarkan narasumber yang meminta dirahasiakan namanya, membenarkan kejadian dalam video yang viral tersebut.

Yakni, 5 siswa tengah dipanggil oleh guru karena ketahuan mengonsumsi obat keras tanpa izin edar atau resep dokter.

“Betul. Kejadiannya kemarin di SDN Karangtengah, beberapa siswa mengonsumsi obat tramadol, katanya beli dari seseorang,” ujarnya, Kamis (20/6/2024).

Saat dilakukan upaya konfirmasi, pihak sekolah belum memberikan keterangan apapun perihal kejadian tersebut.

Bahaya Mengonsumsi Tramadol

Mengutip halodoc.com, Tramadol adalah obat yang berperan untuk meredakan rasa sakit. Obat ini sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri setelah prosedur operasi.

Kendati demikian, Tramadol sebenarnya tidak boleh digunakan sembarangan apalagi tanpa ada persetujuan dari dokter dan keluhan penyakit yang jelas. Bukannya bermanfaat, penyalahgunaan jenis obat ini malah bisa memicu efek samping yang fatal.

Ada beberapa gejala dan efek samping yang bisa muncul akibat penyalahgunaan obat Tramadol. Sembarangan mengonsumsi obat ini bisa memicu terjadinya pusing, sakit kepala, mudah mengantuk, serta mual dan muntah.

Obat ini juga bisa menyebabkan seseorang mengalami konstipasi, mulut kering, tubuh selalu merasa lelah dan energi menurun, serta keluar keringat berlebih.

Pada kondisi yang lebih parah, konsumsi Tramadol juga bisa menyebabkan efek samping yang lebih fatal. Risiko muncul efek samping serius menjadi lebih tinggi jika obat ini dikonsumsi oleh anak-anak.

Baca Juga  Dansatgas Gempa Cianjur Rangkul AMCM Bentuk Posko Independen

Efek samping serius yang bisa muncul adalah halusinasi, gelisah, jantung berdebar cepat dan tidak beraturan, hingga sesak napas, bahkan henti napas.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *