Indonesia Jadi Juara Umum Asean Para Games 2023, Kemenpora Pastikan Bonus Atlet Setara dengan SEA Games

BERITACIANJUR.COM – Indonesia berhasil menyabet predikat Juara Umum Asean Para Games 2023 Kamboja dengan raihan 401 medali.

Pada Sabtu (10/6/2023) sore, kontingen para games Indonesia tiba di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora), ikut menjemput adalah Sesmenpora Gunawan Suswantoro.

Kepada media, Sesmenpora merasa bangga bisa menjemput para atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia di Asean Para Games 2023 Kamboja.

“Saya hari ini mewakili Menpora Dito Ariotedjo menjemput langsung kedatangan para atlet Indonesia usai berjuang di Asean Para Games 2023 Kamboja. Pemerintah bangga atlet para games kita bisa menjadi juara umum sekaligus hattrick. Ditambah lagi banyak cabor yang melampaui target, tentu hasil ini sangat baik untuk persiapan menuju Asian Para Games 2023 Hangzhou nanti,” ujar Sesmenpora mengutip laman kemenpora.go.id.

Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 dan kokoh di posisi teratas dengan raihan 401 medali yang terdiri dari 159 medali emas, 148 medali perak dan 94 medali perunggu.

Di posisi kedua ada Thailand yang menempati peringkat kedua, dengan meraih 126 medali emas, 110 perak, dan 92 perunggu.

Vietnam yang berada di peringkat ketiga dengan 66 medali emas, 58 perak, dan 77 perunggu.

Sementara tuan rumah Kamboja berada di posisi kedelapan dengan 9 emas, 18 perak, dan 43 perunggu.

Hasil ini membawa Indonesia juara umum tiga kali beruntun alias hattrick, setelah di Malaysia (2017) dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah.

Kontingen Merah Putih berkekuatan 268 atlet dengan mengikuti 12 dari 14 cabor yang dipertandingkan. Total kontingen Indonesia berjumlah 500 orang.

Bonus Atlet Setara dengan SEA Games

Baca Juga  Anita Sincayani, Istri Plt Bupati yang Terima Rp4 M dari Pemkab Cukup Bilang Tidak Tahu

Terkait bonus atau apresiasi yang akan diberikan kepada atlet, menurut Sesmenpora bahwa bonus yang akan diberikan pemerintah nanti setara dengan bonus SEA Games 2023 Kamboja lalu.

“Untuk masalah bonus, sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi, pemerintah akan memberikan bonus setara dengan atlet SEA Games 2023 Kamboja, Kalau dibandingkan yang di Vietnam sebelumnya ada kenaikan 5 persen. Dan itu sama untuk atlet Asean Para Games kita,” ujar Sesmenpora.

Sementara CdM Asean Para Games 2023 Kamboja, Andi Herman menyampaikan, hasil yang dicapai oleh atlet Asean Para Games 2023 Kamboja kali ini sangat luar biasa.

“Perjuangan para atlet sangat luar biasa di Asean Para Games 2023 kali ini. Selain bisa menjadi juara umum dengan perolehan medali yang melampaui target, Indonesia juga hattrick menjadi juara umum,” ungkap Andi

“Ditambah lagi banyak para atlet yang membuat rekor baru. Hasil ini bukti kalau pembinaan atlet disabilitas kita berjalan dengan baik,” tambahnya.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *