Inilah Penampakan dan Makna Filosofi Pohon Hayat, Logo Resmi IKN Karya Aulia Akbar

BERITACIANJUR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) bertema Pohon Hayat karya desainer grafis asal Bandung, Aulia Akbar.

“Pohon Hayat ini adalah pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” ujar Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Jokowi juga menjelaskan, logo ini memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar serta majemuk.

Logo ini, lanjutnya, diyakini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan lingkungan beserta ekosistemnya.

“Termasuk memperkuat ikhtiar, usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara kita, ibu kota masa depan Indonesia,” paparnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan,  logo karya Aulia Akbar ini terpilih setelah memperoleh suara terbanyak berdasarkan voting terbuka yang diikuti oleh lebih dari 500 ribu pemilih

“Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita IKN bahwa setelah melalui proses sayembara yang sangat selektif, Alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak. Jadi yang milih bukan presiden, hati-hati, hati-hati yang milih ini rakyat,” tegasnya.

Melansir laman ikn.go.id, pemilihan logo IKN ini diselenggarakan secara terbuka agar seluruh pihak dapat terlibat langsung dalam proses persiapan, pembangunan, dan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur.

Pada 8-12 Mei 2023 lalu, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) melaksanakan diskusi publik dari lima kandidat logo IKN di YouTube ADGI Pusat.

Masing-masing kandidat memaparkan makna/nilai dari logo yang dilombakan. Sehingga masyarakat dapat mengenal lebih jauh logo yang akan dipilih.

Baca Juga  350 APK Caleg Dipasang di Luar Zona Penetapan KPU Cianjur, Panwascam Ciranjang: Sudah Dilaporkan ke Bawaslu

Berikut adalah nama-nama desainer dari 5 logo yang terpilih:

1. Agra Satria, pendiri dan direktur kreatif MATA Studio, alumni DKV ITB dan Master in Visual Branding Design Domus Academy Italy.

2. Aulia Akbar, desainer grafis yang berdomisili di Bandung, ia lulusan ITENAS yang menjadi co-founder POT Branding House.

3. Dimas Fakhruddin, desainer grafis profesional asal Malang, Jawa Timur. Dia merupakan pendiri Yumakiso Studio, studio desain grafis yang berfokus pada branding, packaging, dan tipografi.

4. Ismiaji Cahyono, kepala Studio desain SUNvisual dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Lulusan DKV ITB ini mengawali kariernya di Leboye Design sebelum melanjutkan program master ke the school of the art Chicago melalui beasiswa fulbright.

5. Wildan Ilham, co-founder Workbyw, konsultan brand di Jakarta. Karyanya telah dipublikasikan di berbagai media internasional seperti The Dieline dan Brand Magazine Hong Kong.(gap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *