Jangkau Seluruh Masyarakat, Mall Pelayanan Publik Mini Dibuka di Kecamatan Cibinong

BERITACIANJUR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur meluncurkan mall pelayanan publik mini di Kecamatan Cibinong, Kamis (3/11/2022).

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan akses layanan publik yang lebih mudah, dekat, dan efisien bagi seluruh masyarakat Cianjur, terutama di wilayah selatan.

Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, mall pelayanan publik mini tersebut merupakan pelayanan terpadu sejumlah instansi di Cianjur, mulai dari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), hingga Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP).

“Jadi di mall pelayanan publik mini ini ada semua layanan pemerintah. Mulai dari sektor pajak, administrasi kependudukan, hingga perizinan,” ujar Herman, Kamis (3/11/2022).

Menurutnya, capaian pajak, adminduk, hingga perizinan di Kabupaten Cianjur sudah baik, namun mall pelayanan publik mini dibentuk untuk lebih menjangkau seluruh masyarakat.

“Kita ketahui jika Cianjur ini geografisnya sangat luas, makanya dibuat pelayanan terpadu di Cibinong ini untuk mendekatkan setiap pelayanan kepada masyarakat. Warga di selatan tidak perlu lagi ke kota untuk buat adminduk, bayar pajak, atau memproses perizinan karena di mall pelayanan juga sudah tersedia semuanya,” ucap dia.

Menurutnya, petugas yang melayani juga berasal dari setiap instansi yang membuka pelayanan di mall tersebut. “Petugasnya dari masing-masing dinas, ditambah ada dari kecamatan juga,” sebutnya.

Selain membuka mall pelayanan publik mini, Herman juga menyerahkan penghargaan pada desa dan kecamatan yang capaian PBB-nya sudah mencapai 100 persen.

Tercatat ada 19 desa dan 8 kecamatan yang perolehan pajaknya sudah di angka 100 persen. Di antaranya; 6 desa di Kecamatan Pasirkuda, 4 desa di Kecamatan Campakamulya, 3 desa di Kecamatan Kadupandak, 2 desa di Kecamatan Cidaun dan Pagelaran, serta masing masing satu desa di Kecamatan Cibinong, Leles, dan Naringgul.

Baca Juga  Ciptakan Kamseltibcarlantas, Polri Akan Gelar Operasi Patuh Mulai 10-23 Juli 2023

Secara simbolis, Bupati Cianjur Herman Suherman memberikan penghargaan tersebut pada Camat Pasirkuda dan Campakamulya beserta desa di 2 kecamatan yang PBB-nya sudah 100 persen.

“Hari ini tidak hanya pembukaan mall, tapi saya juga berikan penghargaan pada desa dan kecamatan yang sudah berhasil memaksimalkan pendapatan dari sektor PBB. Semoga ini jadi motivasi untuk desa dan kecamatan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappenda Kabupaten Cianjur, Komarudin berharap, dengan adanya mall pelayanan publik mini ini, pendapatan daerah bisa lebih maksimal, karena pelayanan bagi warga selatan akan lebih dekat.

“Dengan pemberian penghargaan juga diharapkan para wajib pajak bisa memenuhi kewajibannya dengan baik dan pendapatan daerah dari sektor pajak bisa lebih maksimal,” tutupnya.(wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *