Jokowi Kunjungi Lagi Korban Gempa Cianjur, Pantau Proses Evakuasi hingga Beri Bantuan Rp5 Juta untuk Tiap RT

BERITACIANJUR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi korban gempa di Cianjur. Selain memantau proses evakuasi, Jokowi juga menyerahkan bantuan sebesar Rp5 juta untuk setiap RT.

Dalam kunjungan keduanya, Jokowi mendatangi tenda pengungsi korban gempa di Kecamatan Cugenang, sebagai lokasi yang paling parah terdampak gempa untuk menyerahkan bantuan berupa uang tunai bagi setiap RT.

“Ini saya beri uang Rp5 juta untuk keperluan yang mendadak. Beli sabun, atau beli minum, bilangnya ke Pak RT,” ujar Jokowi, Kamis (24/11/2022).

Jokowi juga ingin memastikan logistik di lapangan terdistribusi dengan baik. Mulai dari makanan, selimut, obat-obatan, hingga tenda.

“Tadi juga ada keluhan air, karena memang ini titiknya banyak, sehingga butuh waktu untuk mendistribusikan. Saya ingin pastikan itu semuanya segera terdistribusi,” ungkap Jokowi.

Selain memastikan bantuan pada korban gempa sudah tersalurkan dengan baik, ayah Kaesang Pangarep ini juga turut memantau proses evakuasi korban yang tertimpa puing bangunan dan tanah longsor.

“Karena kita tahu di sini masih ada 39 yang belum ditemukan, di satu titik saja. Sehingga proses evakuasi menjadi prioritas, kita konsentrasi dan siang ini kita akan konsentrasi di titik ini, untuk evakuasi,” tegas Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Kepala BNPB Suharyanto.

Menurut data terupdate dari BNPB, korban meninggal gempa Cianjur sebanyak 271 orang dan 40 masih dalam pencarian (39 di wilayah Cugenang dan 1 orang di daerah Warungkondang).

Sementara untuk korban yang mengalami luka-luka sebanyak 2.043 dan jumlah jiwa yang mengungsi ada 61.908.(gap)

Baca Juga  Desa Center Cianjur: Penyelenggara Pilkades Harus Netral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.