Kebakaran di TPA Sarimukti KBB Belum Kunjung Padam, Hengky Kurniawan Tetapkan Status Darurat Bencana

BERITACIANJUR.COM – Kebakaran hebat di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti Kabupaten Bandung Barat (KBB) masih belum padam hingga hari ini, Rabu (23/8/2023).

Kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga menyebabkan kebakaran hebat sejak Sabtu (19/8/2023) lalu.

Plt Bupati KBB, Hengky Kurniawan akhirnya menetapkan kebakaran di TPA Sarimukti berstatus darurat bencana.

Ia bahkan meminta bantuan pemerintah pusat untuk memadamkan kebakaran yang masih berkobar, meskipun sudah dibantu tim pemadam dari provinsi dan Cianjur.

“Saya sudah langsung telepon Pak Gubernur dan kami sudah bicara untuk menetapkan status darurat bencana. Kami juga meminta bantuan pada pemerintah pusat, perlu bom-bom air dari atas helikopter. Karena Damkar KBB, Damkar Provinsi, dan juga Damkar Cianjur sampai hari ini belum berhasil memadamkan api, jadi ini perlu bantuan dari pusat,” ujar Henky dalam akun Instagram pribadinya @hengkykurniawan, Rabu (23/8/2023).

Dalam caption unggahannya, Hengky juga memohon doa agar kebakaran segera padam dan mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, terutama di musim kemarau seperti saat ini.

“Bapak dan ibu mohon doanya untuk kebakaran di TPA Sarimukti Kecamatan Cipatat segera padam. Menurut informasi yang kami dapatkan, (kebakaran) karena puntung rokok. Mohon kepada masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan apalagi di musim kemarau saat ini,” jelas Hengky.

“Semoga hujan juga turun agar bisa mengatasi kekeringan di beberapa wilayah di Bandung Barat maupun di Jawa Barat,”¬†tambahnya.(gap)

Baca Juga  Kolaborasi Perangi Corona, Polres dan Kodim Cianjur Amankan Tempat Keramaian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *